Yusri Fajar Menangi Lomba Kritik Sastra Hiski dan Balai Bahasa Bali

Lomba kritik sastra Hiski Bali dan Balai Bahasa Provinsi Bali 2020

 

Penyerahan hadiah secara simbolis kepada pemenang yang diwakili pemenang III, I Wayan Sumahardika (nomor dua dari kanan) di Balai Bahasa Provinsi Bali, Selasa (27/10). Hadiah diserahkan Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali, Toha Machsun (paling kanan) didampingi anggota tim juri, Arif Bagus Prasetyo (tengah), Sri Jayantini (Hiski Bali) dan Dewa Gde Windu Sancaya (narasumber bedah buku). 

Yusri Fajar, kritikus sastra sekaligus akademisi Universitas Brawijaya, Malang memenangi lomba kritik sastra yang digelar Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (Hiski) Komisariat Bali dan Balai Bahasa Provinsi Bali tahun 2020. Tim juri yang terdiri atas I Nyoman Darma Putra, Sunu Wasono, dan Arif Bagus Prasetyo itu memilih kritik Yusri Fajar yang berjudul “Wisata Bersama Amba: Jejak Tapol, Potensi Alam dan Budaya Pulau Buru” sebagai karya terbaik dari 26 karya yang masuk ke panitia. Pengumuman dan penyerahan hadiah dilakukan Selasa (27/10) di Balai Bahasa Provinsi Bali. Kegiatan yang dirangkaikan dengan acara bedah buku sastra Luka Batu karya I Komang Adnyana dan Nglekadang Meme karya I Komang Berata ini juga diikuti peserta secara virtual melalui aplikasi video konferensi zoom dan disiarkan secara langsung di youtube.

Selain Yusri Fajar, tim juri juga menetapkan lima pemenang terbaik lain. Setyaningsih sebagai pemenang II dengan judul kritik “Mencocol Sambal di Tasikmalaya, Menyeruput Latte di Paris (Telaah 99 Sajak Yudhistira A.N.M. Massardi)” dan I Wayan Sumahardika sebagai pemenang III dengan judul kritik “Gerak Sejarah Bali dalam Tatapan Cupak Tanah dan Tujuh Naskah Lainnya Karya Putu Satria Kusuma”. Pemenang IV, yakni Bandung Mawardi dengan karyanya “Biografi dan Puisi, Tamasya dan Turis”, Endhiq Anang P. sebagai pemenang V dengan kritiknya berjudul, “Nyanyi Sunyi Perempuan dan Cendrawasih yang Terluka” dan Angga Okta Priadi sebagai pemenang VI dengan tulisannya berjudul, “Destinasi “Rasa” dalam Kumpulan Puisi Petualang Sabang Karya Wayan Jengki Sunarta: Tinjauan Pariwisata Sastra”.

Ketua tim juri, I Nyoman Darma Putra menjelaskan naskah kritik sastra peserta tergolong mampu menggarap tema yang diberikan panitia tentang relasi sastra dengan kearifan lokal, pariwisata dan ekonomi kreatif. Topik pariwisata sastra yang baru dikenalkan dalam kajian sastra Indonesia bisa memberikan perspektif atau pendekatan baru dalam membaca teks-teks sastra Indonesia.

“Beberapa esai peserta menggambarkan penulisnya membaca banyak karya dan membaca banyak referensi. Tawaran pendekatan pariwisata sastra juga membuat penulisnya kreatif dalam membaca teks,” ujar guru besar sastra Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud ini.

Ketua Hiski Bali, IGA Mas Triadnyani menerangkan lomba kritik sastra ini baru pertama kali digelar Hiski Bali bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Bali. Tujuannya untuk menggairahkan penulisan kritik sastra sebagai bagian dari tradisi sastra Indonesia untuk merespons melimpahnya penerbitan karya sastra Indonesia.

“Sungguh membanggakan, respons peserta cukup bagus. Awalnya kami ragu lomba ini minim peserta. Ternyata, ada 26 naskah yang masuk dari berbagai daerah di Indonesia. Ada beberapa penulis mengirim tiga hingga empat naskah,” papar Mas Triadnyani.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali, Toha Machsun mengapresiasi lomba kritik sastra yang dinisiasi Hiski Bali dan Balai Bahasa Provinsi Bali ini. Menurut Toha Machsun, tradisi kritik sastra di Indonesia belum seimbang dengan banyaknya muncul karya sastra baru. “Melalui lomba ini, tradisi kritik sastra di Bali ini bisa ditumbuhkan,” kata Toha Machsun.

Balai Bahasa Provinsi Bali, imbuh Toha Machsun, berkomitmen mengayomi perkembangan sastra di Bali. Karena itu, Balai Bahasa Provinsi Bali secara konsisten memberikan hadiah sastra Tantular kepada pengarang terbaik di Bali. Selain itu, Balai Bahasa Provinsi Bali juga konsisten menerbitkan karya-karya para pengarang dan penulis Bali untuk menyediakan bahan bacaan literasi masyarakat di Bali. Ada juga berbagai kegiatan sastra lain, seperti bengkel sastra, diskusi sastra, bedah buku, pendataan sastrawan dan lainnya.

Para pemenang lomba kritik sastra mendapatkan hadiah uang tunai dan piagam penghargaan. Pemenang I mendapat uang tunai Rp 2.000.000, pemenang II Rp 1.500.000, pemenang III Rp 1.250.000, serta pemenang harapan I, II, dan III masing-masing mendapat uang tunai Rp 750.000. (b.)

_________________________  

Penulis: I Made Sujaya

Foto: Istimewa 

Penyunting: I Made Sujaya 

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Bale Bengong,21,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,8,Bali Hari Suci,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,59,BALI JANI,266,Bali Kui,18,Bali Lango,2,BALI OPINI,8,Bali Pariwara,12,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Spiritual,3,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,147,Bali Unik,2,BALI WISATA,12,BALINESIA,1,Balu Kui,1,Boga Bali,3,Buda Wage Kelawu,2,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,9,Dresta Bali,16,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,2,Nak Bali,25,Nyama Braya,14,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,10,Resensi,5,Sarwa Prani,7,SASULUH,7,Segara Giri,17,Sima Dresta,27,Sloka Bali,12,Ulasan,5,Wali Bali,15,WISATA DESA,4,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Yusri Fajar Menangi Lomba Kritik Sastra Hiski dan Balai Bahasa Bali
Yusri Fajar Menangi Lomba Kritik Sastra Hiski dan Balai Bahasa Bali
Lomba kritik sastra Hiski Bali dan Balai Bahasa Provinsi Bali 2020
https://1.bp.blogspot.com/-z5pxCiE__jE/X5f-MGFb4oI/AAAAAAAAA-w/mpq09gD7e9oqL0c_rq6oVqVCRlLFhICyACLcBGAsYHQ/w640-h418/Penyerahan%2BHadiah%2BPemenang%2BKritik%2BSastra.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-z5pxCiE__jE/X5f-MGFb4oI/AAAAAAAAA-w/mpq09gD7e9oqL0c_rq6oVqVCRlLFhICyACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h418/Penyerahan%2BHadiah%2BPemenang%2BKritik%2BSastra.jpeg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2020/10/yusri-fajar-menangi-lomba-kritik-sastra.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2020/10/yusri-fajar-menangi-lomba-kritik-sastra.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Artikel Tidak Ditemukan TAMPILKAN SEMUANYA Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Seluruhnya REKOMENDASI UNTUK ANDA LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda Cari Tidak Ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content