Made Taro Kenalkan Aksara Bali Lewat Lagu dan Permainan Tradisional

Melalui permainan tradisional, Made Taro mengenalkan aksara Bali kepada anak-anak. Begini caranya.




Usianya sudah 80 tahun lebih. Tapi, semangat Made Taro seperti tak pernah padam menjadi penjaga dongeng, gending rare, dan permainan tradisional Bali. Mendongeng, bernyanyi, dan bermain bersama anak-anak seolah memberinya tambahan energi.

Minggu (9/2), Made Taro kembali tampil di Penggak Men Mersi, Denpasar. Lelaki kelahiran Desa Sengkidu, Karangasem, tahun 1939 silam itu mengisi acara aguron-guron (workshop) permainan tradisional Bali serangkaian kegiatan Pekan Generasi Sadar Aksara (Parasara) yang digelar Penggak Men Mersi bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kota Denpasar.

Di tangan Made Taro, dongeng dan permainan Bali tak menjelma sesuatu yang kaku, beku. Justru, di tangan peraih Maestro Seni Tradisi Lisan dari Menteri Kebudayaan (2008) dan Pariwisata serta Anugerah Kebudayaan dari Presiden RI (2009), dongeng, nyanyian, dan permainan tradisional Bali jadi lebih segar, selaras dengan perkembangan zaman.

Gending rare Dadong Dauh menjadi topik dibincangkan Made Taro bersama putra sulungnya, Gede Tarmada. Aguron-guron yang dihadiri para orang tua dan guru-guru itu pun bersemangat mengikuti materi pelatihan yang diberikan Made Taro.

Gending Dadong Dauh memang sepintas kelihatan sangat sederhana. Lagu rakyat ini mengisahkan seorang nenek bernama Dadong Dauh yang melihara ayam yang sedang mataluh (bertelur). Telur itu dicuri oleh anak anak yang nakal. Telor dicuri dengan menggunakan sepit (sebuah alat penjepit). Pada saat mencuri telor itu tampak gampang dan mudah, tetapi pada saat membawa pulang yang mengalami banyak rintangan. Bagian inilah yang dieksplorasi Made Taro menjadi sebuah permainan yang menarik.



Melalui permainan Dadong Dauh, anak-anak dididik kedisiplinan, kecepatan, kehati-hatian, dan fokus dalam mengerjakan sesuatu. Anak-anak diajak berlomba membawa telor dengan penjepit. Jika ada masalah dalam membawa telor itu, anak-anak harus menyelesaikan sendiri, tanpa bantuan orang lain. Misalnya, telor itu jatuh, maka harus diambil sendiri lagi tanpa sepengetahuan dan bantuan orang lain. Telor yang jatuh tidak boleh diambil dengan tangan, harus dengan sepit, sehingga dibutuhkan ketenangan dan konsentrasi. “Jika peserta itu tegang dan tidak fokus, maka mereka akan tidak dapat mngambil telor itu dengan baik. Disini dibutuhkan konsentrasi tinggi,” sebutnya.

Untuk mengenalkan aksara Bali, Made Taro juga menyisipkan aksara Bali dalam permainan. Setelah telor itu terkumpul, para peserta wajib menyusun sesuai dengan aksara yang ada dalam telor itu. “Aksara yang diisi disesuaikan dngan tema acara yaitu serangkain dengan Bulan Bahasa Bali, maka saya mengisinya dengan aksara yang jika disusun dengan benar menjadi “taluh bebek”. Hal ini juga sebagai bentuk pembelajaran bahasa dan aksara Bali kepada para peserta,” paparnya.

Made Taro menuturkan, permainan ini sudah diciptakan sejak tahun lalu dalam kegiatan penyuluhan bahasa Bali di Kabupaten Klungkung. Setiap kali memberikan workshop, ia selalu membuat materi-materi baru yang menggabungkan permaian, cerita (dongeng) dan gending-gending rare yang sudah merakyat di masyarakat. “Kami selalu mengemas dengan permainan yang sangat sederhana, namun memiliki pendidikan etika, moral dan pendidikan karakter,” ungkapnya.

Kelian Penggak Men Mersi, Kadek Wahyudita mengatakan, kegiatan aguron-guron atau workshop ini bertujuan untuk memformulasikan secara sederhana teknik atau cara mengajarkan bahasa, aksara, dan sastra Bali ke generasi milenial saat ini. “Sejatinya kita telah mewarisi cara-cara sederhana itu. Salah satunya adalah dengan cara bermain. Karena itu, dalam workshop ini kami mengundang pakar permainan tradisional, Bapak Made Taro untuk menjadi narasumber,” ungkapnya.

Wahyudita berharap kegiatan workshop yang baru pertama kali ini bisa menginspirasi para guru dan orang tua untuk membuat cara mengajar bahasa Bali yang efektif melalui kegiatan yang menyenangkan. “Harapan kami, ini tidak hanya dilakukan saat kegiatan Parasara, melainkan juga bisa dilakukan secara kontinu setiap bulan,” tandasnya.
_________________________________ 

Teks dan foto: Made Radheya

COMMENTS

BLOGGER

SLOKA BALI$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=4$va=0

/fa-fire/PALING DICARI$type=one

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,266,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Made Taro Kenalkan Aksara Bali Lewat Lagu dan Permainan Tradisional
Made Taro Kenalkan Aksara Bali Lewat Lagu dan Permainan Tradisional
Melalui permainan tradisional, Made Taro mengenalkan aksara Bali kepada anak-anak. Begini caranya.
https://1.bp.blogspot.com/-Bxmf41jK6GA/Xj_eehIq7JI/AAAAAAAAA2c/4g3XEWDWHxEogEUKBJGUGohkJG6TvcqRgCLcBGAsYHQ/s640/Made%2BTaro%2BKenalkan%2BAksara%2BBali.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-Bxmf41jK6GA/Xj_eehIq7JI/AAAAAAAAA2c/4g3XEWDWHxEogEUKBJGUGohkJG6TvcqRgCLcBGAsYHQ/s72-c/Made%2BTaro%2BKenalkan%2BAksara%2BBali.jpeg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2020/02/made-taro-kenalkan-aksara-bali-lewat.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2020/02/made-taro-kenalkan-aksara-bali-lewat.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content