Made Taro Mengenalkan Alam Melalui “Plalian”

Melalui "plalian" atau permainan tradisional yang didokumentasikan dalam buku ini, Made Taro mengajak anak-anak mengenal alam.

Oleh: I MADE SUJAYA 

Sampul buku "Dari Ngejuk Capung Sampai Ngejuk Lindung" 

Permainan tradisional tak sekadar mengajak anak-anak bermain, tapi juga mengakrabi alam.  Di Bali, permainan tradisional yang dikenal dengan sebutan plalian tidak saja memberi anak-anak ruang untuk guyub dengan rekan-rekan sebayanya, tetapi juga mengenali lingkungannya.

Awal tahun 2018 ini, Made Taro kembali merilis buku seri permainan tradisional Bali bertajuk, Dari Ngejuk Capung sampai Ngejuk Lindung. Buku ini menegaskan fungsi edukasi tentang lingkungan dalam permainan tradisional Bali itu. Sepuluh permainan dalam buku ini berkaitan erat dengan pengenalan alam bagi anak-anak. Melalui sepuluh permainan ini, anak-anak belajar tentang berbagai hewan yang ada di sekitarnya sekaligus habitatnya. Di antaranya hewan di darat, seperti capung, lindung (belut), macan, dan kambing; hewan di laut, seperti ikan dan penyu.

Permainan tradisional yang dihimpun dalam buku Dari Ngejuk Capung sampai Ngejuk Lindung ini sebagian besar diambil dari tradisi yang sudah ada. Namun, ada juga beberapa permainan yang merupakan kreasi baru, tetapi tidak menghilangkan kesan ketradisionalannya. Menurut Made Taro, ciri ketradisionalan itu meliputi bentuk yang sederhana, menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan (luwes), dilakukan oleh banyak pemai (kolektif), dan melalui proses interaksi.

Seperti halnya dua buku seri permainan tradisional sebelumnya yang ditulis Made Taro, buku ini juga disajikan dengan format yang cukup sistematis dan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dipraktikkan. Tiap permainan diawali dengan paparan latar belakang lahirnya permainan itu, bentuk permainannya, lagu yang mengiringi serta makna dari permainan itu. Karena itu, buku ini tak sekadar sebagai dokumentasi permainan tradisional Bali, tetapi juga panduan bagi mereka yang ingin mengajarkan aneka permainan tradisional Bali.

Aneka permainan tradisional dalam buku ini juga sudah melalui uji coba berkali-kali dan bertahun-tahun melalui aktivitas di Sanggar Kukuruyuk yang diasuh Made Taro, termasuk di berbagai pasraman, pementasan, festival dan kurikulum muatan lokal. Itu sebabnya, Made Taro menyebut permainan tradisional yang disusunnya dalam buku ini sudah mencapai bentuk standard sesuai dengan karakter permainan itu.

Made Taro merencanakan menerbitkan lima seri buku permainan tradisional Bali. Tiap seri dirancang berisi 10 permainan. Itu berarti, sedikitnya 50 permainan tradisional Bali bakal terdokumentasikan melalui buku Made Taro.

Karena itu, upaya Made Taro ini tak sekadar pantas diapresiasi, tetapi juga direspons dengan upaya sosialisasi permainan tradisional ini kepada anak-anak Bali melalui lembaga pendidikan formal maupun informal. Langkah ini penting untuk mengimbangi dahsyatnya penetrasi permainan modern yang memudarkan rasa kebersamaan dan keguyuban anak-anak di antara teman-teman sebayanya. (b.)
_____________________________ 

Penyunting: NYOMAN SAMBA

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Bale Bengong,21,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,8,Bali Hari Suci,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,59,BALI JANI,266,Bali Kui,18,Bali Lango,2,BALI OPINI,8,Bali Pariwara,12,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Spiritual,3,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,147,Bali Unik,2,BALI WISATA,12,BALINESIA,1,Balu Kui,1,Boga Bali,3,Buda Wage Kelawu,2,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,9,Dresta Bali,16,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,2,Nak Bali,25,Nyama Braya,14,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,10,Resensi,5,Sarwa Prani,7,SASULUH,7,Segara Giri,17,Sima Dresta,27,Sloka Bali,12,Ulasan,5,Wali Bali,15,WISATA DESA,4,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Made Taro Mengenalkan Alam Melalui “Plalian”
Made Taro Mengenalkan Alam Melalui “Plalian”
Melalui "plalian" atau permainan tradisional yang didokumentasikan dalam buku ini, Made Taro mengajak anak-anak mengenal alam.
https://1.bp.blogspot.com/-QkO_G7-luKk/Wt5kDXcnUGI/AAAAAAAAAk4/vGNGA4ttDJolkKKdoiuBbHoBWdcxuVRvACLcBGAs/w421-h640/Buku%2BNgejuk%2BCapung.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-QkO_G7-luKk/Wt5kDXcnUGI/AAAAAAAAAk4/vGNGA4ttDJolkKKdoiuBbHoBWdcxuVRvACLcBGAs/s72-w421-c-h640/Buku%2BNgejuk%2BCapung.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2018/04/made-taro-mengenalkan-alam-melalui.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2018/04/made-taro-mengenalkan-alam-melalui.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Artikel Tidak Ditemukan TAMPILKAN SEMUANYA Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Seluruhnya REKOMENDASI UNTUK ANDA LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda Cari Tidak Ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content