Inilah Pemenang Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Balai Bahasa Bali

Tim juri Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tingkat Dasar dan Menengah Balai Bahasa Bali Tahun 2018 menetapkan lima naskah pemenang...


Tim juri Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tingkat Dasar dan Menengah Balai Bahasa Bali Tahun 2018 menetapkan lima naskah pemenang. Tiga naskah untuk kategori bacaan literasi tingkat dasar, dan dua naskah untuk kategori bacaan literasi tingkat menengah.

Tiga pemenang sayembara untuk kategori tingkat dasar, yakni I Gede Aries Pidrawan (“Gerubug”) dengan nilai total 981, I Nyoman Agus Sudipta (“Bocah Penjaga Sawah”) dengan nilai total 964, dan I Ketut Sandiyasa (“Mutiara Tanah Anom”) dengan nilai toal 925. Dua pemenang kategori tingkat menengah, yakni Ni Nyoman Ayu Suciartini (“Bersinar di Timur Pulau Bali”) dengan nilai 1.007 dan I Nyoman Payuyasa (“Dari Mata Turun ke Kata”) dengan nilai 955.

Rapat tim juri sayembara penulisan bahan bacaan literasi Balai Bahasa Bali 2018.
Panitia sayembara, Puji Retno Hardiningtyas menjelaskan para pemenang akan memperoleh piagam, trofi, dan uang pembinaan. Setiap pemenang dari masing-masing kategori sayembara memperoleh uang tunai sebesar Rp 6 juta. “Penyerahan hadiah dilaksanakan bertepatan dengan puncak Olimpiade Bahasa dan Sastra bersamaan dengan ulang tahun Balai Bahasa Bali, di Aula Balai Bahasa Bali, Juni mendatang,” kata Retno.

Anggota tim juri sayembara kategori tingkat dasar, I Nyoman Tusthi Eddy menyebut tema kearifan lokal yang diangkat para peserta sudah menunjukkan keragaman, tetapi belum diimbangi aspek penggarapan yang baik. “Tema-tema yang bagus dan beragam itu butuh dieksplorasi lagi sehingga menjadi teks yang menarik dan sesuai dengan perkembangan psikologi anak-anak,” kata Tusthi Eddy.

Hal senada juga diungkapkan anggota tim juri kategori tingkat dasar, Oka Rusmini dan I Made Sujaya. Menurut keduanya, banyak kearifan lokal Bali yang menarik tetapi perlu usaha keras untuk mengolahnya agar menjadi menarik, tak hanya bagi pembaca lokal Bali juga dari luar Bali.

Tim juri sayembara kategori tingkat menengah, I Wayan Artika, IBW Widiasa Keniten dan I Wayan Sunarta juga menekankan pentingnya aspek teknik penyajian itu. Kekuatan sebuah teks terletak pada teknik penyajiannya, selain aspek materi dan bahasa. “Suatu teks bacaan yang baik mesti lahir dari pengarang atau penulis yang bekerja keras menyiasati keterbatasan bahasa,” kata Artika.

Namun, Oka Rusmini menyebut sayembara ini memiliki peluang besar untuk membudayakan generasi muda mengasah bakat menulis dan  menumbuhkan gerakan literasi nasional. Selain itu, imbuh Tusthi Eddy, muatan lokal daerah Bali makin diketahui masyarakat Indonesia.

Tim juri juga bersepakat menyampaikan rekomendasi agar dalam sayembara tahun depan, penulis bisa fokus pada penulisan teks cerita. Penulis tidak lagi dibebani soal grafika.

Sayembara penulisan bahan literasi ini memang diniatkan untuk mendapatkan bahan bacaan literasi yang sesuai untuk anak-anak. Bahan bacan literasi ini berupa buku yang berisi teks narasi, deskripsi, eksposisi, dan/atau prosedural. Enam subtema yang ditawarkan dalam sayembara ini, yaitu lanskap dan perubahan sosial masyarakat perkotaan dan perdesaan, kekayaan bahasa daerah, pelajaran penting dari tokoh-tokoh Indonesia, kuliner Indonesia, arsitektur tradisional Indonesia, dan cerita tentang anak Indonesia. (b.)

Teks dan Foto: Balai Bahasa Bali

COMMENTS

BLOGGER: 1
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

Nama

Bale Bengong,7,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,3,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,10,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Inilah Pemenang Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Balai Bahasa Bali
Inilah Pemenang Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Balai Bahasa Bali
https://4.bp.blogspot.com/-MkxQMvC9So4/Wr_-OXbLoFI/AAAAAAAAAjI/ukOR6dUdgVcgkfI_Vo6xczLxLZ1U4qKNgCLcBGAs/s640/Rapat%2Bjuri%2Bsayembara%2Bliterasi%2BBalai%2BBahasa.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-MkxQMvC9So4/Wr_-OXbLoFI/AAAAAAAAAjI/ukOR6dUdgVcgkfI_Vo6xczLxLZ1U4qKNgCLcBGAs/s72-c/Rapat%2Bjuri%2Bsayembara%2Bliterasi%2BBalai%2BBahasa.jpeg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2018/04/inilah-pemenang-sayembara-penulisan.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2018/04/inilah-pemenang-sayembara-penulisan.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content