Tiada Hari Tanpa "Sangkepan" di Tenganan Pagringsingan

Di Desa Adat Tenganan Pagringsingan, Bali, setiap hari dilaksanakan sangkepan (rapat desa). Ada lima jenis rapat desa yang digelar desa ini. Apa saja itu?

Dalam adat Bali, sangkepan menjadi suatu hal yang lazim digelar di desa-desa adat atau banjar-banjar adat di Bali. Sangkepan merupakan forum pengambilan keputusan secara kolektif. Umumnya, sangkepan di desa-desa adat di Bali dilaksanakan sebulan sekali. Biasanya dipilih hari-hari suci tertentu seperti Anggarakasih, Buda Kliwon dan sejenisnya.


Di Desa Adat Tenganan Pegringsingan pun sangkepan memiliki fungsi yang sama. Namun, di desa yang dikenal sebagai pewaris kebudayaan Bali Aga ini, pelaksanaan sangkepan terbilang khas. Betapa tidak, tiap malam digelar sangkepan di Bale Agung. Nyaris tiada hari tanpa sangkepan di Tenganan Pagringsingan.



Sangkepan tiap malam itu namanya sangkepan melebang saya. Sangkepan ini diikuti oleh para kelihan yang berjumlah enam orang. Tempatnya di Bale Agung dan dihadiri penyarikan serta saya.

Sangkepan melebang saya ini dilaksanakan sekitar pukul 21.00. Dalam sangkepan ini biasanya dibahas perkembangan yang terjadi sepanjang hari dan merencanakan kegiatan berikutnya.


Masyarakat Tenganan Pegringsingan sendiri memiliki beberapa jenis sangkepan. Selain sangkepan melebang saya, ada juga sangkepan patipanten, sangkepan pausabayan, sangkepan metambun atau marebut takon dan sangkepan megadai takon.

Sangkepan patipanten sebutan untuk sangkepan yang diadakan sebulan sekali. Waktu pelaksanaan sangkepan patipanten jatuh pada tanggal 1 menurut perhitungan kalender Tenganan Pegringsingan. Sangkepan ini diikuti seluruh krama desa. Yang dibahsa dalam sangkepan ini yakni penyelesaian pekerjaan bulan lalu dan merencanakan kegiatan bulan yang akan datang.

Dalam sangkepan patipanten, prajuru desa adat menyampaikan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas-tugas serta pergantian penyarikan dan saya arah. Setelah acara pokok selesai, acara lainnya adalah perencanaan acara adat pada bulan berikutnya. Bila ada seseorang yang baru masuk sebagai anggota krama desa, pada kesempatan itu didaftar sebagai anggota krama desa termuda yang disebut pengeluduan. Sangkepan patipanten ini bisa disejajarkan dengan sangkepan bulanan yang digelar di desa-desa adat lainnya di Bali.

Sangkepan pausabayan dilaksanakan setiap menjelang pelaksanaan upacara keagamaan. Sangkepan ini biasanya dihadiri krama desa menurut kepentingan upacara yang akan dilaksanakan, baik krama desa luh, krama desa muani, keliang gumi atau gumi pulangan.

Jika di desa timbul persoalan-persoalan rumit, maka diselesaikan lewat sangkepan metambun atau marebut takon. Sangkepan ini diadakan bila diperlukan dan tempatnya pun disesuaikan dengan keperluan.

Sangkepan metambun atau marebut takon biasanya dihadiri krama desa dan krama gumi. Masalah-masalah rumit yang memerlukan pertimbangan-pertimbangan khusus dari krama dibahas dalam sangkepan ini.

Sangkepan penting lainnya di Tenganan Pegringsingan yakni sangkepan megadai takon. Sangkepan ini khusus membahas penolakan atau perlawanan terhadap pihak-pihak yang berperkara atau membahas hak keberatan yang diajukan oleh warga yang terkena putusan adat.  (b.)

COMMENTS

BLOGGER

SLOKA BALI$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=4$va=0

/fa-fire/PALING DICARI$type=one

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Tiada Hari Tanpa "Sangkepan" di Tenganan Pagringsingan
Tiada Hari Tanpa "Sangkepan" di Tenganan Pagringsingan
Di Desa Adat Tenganan Pagringsingan, Bali, setiap hari dilaksanakan sangkepan (rapat desa). Ada lima jenis rapat desa yang digelar desa ini. Apa saja itu?
https://4.bp.blogspot.com/-6jpt885HN0A/VzesW5dGibI/AAAAAAAAAFc/uJSFutJUOuA1ZU3SVja70MSOBoudaf_fgCLcB/s640/Tenganan%2BPagringsingan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-6jpt885HN0A/VzesW5dGibI/AAAAAAAAAFc/uJSFutJUOuA1ZU3SVja70MSOBoudaf_fgCLcB/s72-c/Tenganan%2BPagringsingan.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2016/05/tiada-hari-tanpa-sangkepan-di-tenganan.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2016/05/tiada-hari-tanpa-sangkepan-di-tenganan.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content