Bali Miliki Bulan Ketiga Belas, Ini Makna dan Pantangannya

Bali ternyata memiliki bulan ketiga belas. Namanya Sasih Mala Jyesta atau Mala Sadha. Apa makna dan pantangannya?

Oleh: I MADE SUJAYA

Orang Bali Ngaben, menghindari Sasih Mala Jyesta. (balisaja.com/I Made Sujaya)

Tak banyak orang Bali yang menyadari, kalender Bali tahun ini ditandai dua Sasih Jyesta. Sasih Jyesta pertama dimulai pada Kamis (7/4) dan berakhir pada Kamis (5/5). Sasih Jyesta kedua yang disebut Mala Jyesta dimulai pada Jumat (6/5) dan berakhir pada Minggu (5/6) mendatang. Inilah bulan ketiga belas dalam tika (sistem kalender) Bali yang diyakini sebagai bulan yang tidak baik untuk padewasan (hari baik-buruk).

Penekun dan penyusun kalender Bali, I Gede Marayana menjelaskan Sasih Mala Jyesta muncul sebagai akibat kalender Bali menggunakan sistem pengerepeting sasih (harmonisasi atau memadukan perhitungan bulan). Sistem ini bertujuan agar penetapan Tawur Kasanga dan hari raya Nyepi tetap pada bajeging surya (saat Matahari berada di Khatulistiwa), sekitar bulan Maret.

Ida Pandita Nabe Sri Bhagawan Dwija Warsa Nawa Sandhi dari Geria Tamansari Lingga Ashrama Jalan Pantai Lingga Singaraja dalam situs www.stitidharma.org menjelaskan kalender Hindu-Bali menggabungkan beberapa sistem, yakni Surya Pramana (tempo perputaran bumi mengelilingi matahari), Candra Pramana (tempo perputaran bulan mengelilingi bumi), dan Wuku (Candra Pramana yang berhubungan dengan ala-ayuning dewasa = buruk-baiknya hari).

Sistem Surya Pramana menghasilkan jumlah hari dalam setahun sebanyak 365 hari, sedangkan sistem Candra Pramana menghasilkan jumlah hari dalam setahun sebanyak 360 hari, sehingga setiap tahun akan terjadi selisih selama lima hari.  “Dengan kata lain, dalam enam tahun jumlahnya genap 30 hari (satu bulan). Pergantian sasih terjadi di saat Tilem sehingga disebut amawasanta,” beber Ida Pandita.

Untuk selalu menyamakan unsur-unsur yang digunakan dalam menetapkan Tawur Kasanga dalam rangka hari Nyepi, setiap enam tahun perlu diadakan ‘pengerepet’ yakni ‘mendobelkan’ sebuah sasih di bulan yang sama (menurut Surya Pramana). Sasih yang dipilih sebagai pengerepet hanya dua secara bergantian, yakni Jyesta atau Sada, karena kedua sasih itu dianggap mala (kotor).

“Sekitar dua sampai tahun sekali, orang Bali bertemu dengan Sasih Mala Jyesta lalu dua sampai tiga tahun kemudian bertemu dengan Sasih Mala Sadha. Tahun 2016 ini muncul Sasih Mala Jyesta, sedangkan tahun 2019 muncul Sasih Mala Sadha. Lalu tahun 2022 kembali muncul Mala Jyesta,” beber Marayana.

Dalam sistem padewasan (keyakinan mengenai hari baik dan buruk) Bali, Sasih Jyesta dan Sadha memang dianggap tidak baik. Keyakinan ini dilandasi dengan sistem Trilingga yang tidak muncul selama rentang Sasih Jyesta dan Sadha. Trilingga yakni tiga unsur planet, yaitu Matahari-Bulan-Bintang (Surya-Candra-Lintang Trenggana) yang dijadikan dasar penentuan hari baik-buruk.

“Pada Sasih Jyesta dan Sadha, posisi bintang Kartika atau bintang Tenggala (Trenggana) tidak terlihat atau disebut merem. Waktu seperti ini, dalam keyakinan tradisional Bali dianggap tidak baik digunakan untuk melaksanakan upacara,” kata Marayana.

Bintang Kartika dan bintang Trenggana diyakini sebagai bintang dari segala bintang. Kedua bintang ini memancarkan cahaya paling terang. Ini diyakini sebagai ciri kemakmuran.

Marayana menandaskan sistem kalender Hindu-Bali memang sangat unik dan otentik. Hal itu dikarenakan karakternya yang memadukan antara tiga sistem, yaitu Surya Pramana, Candra Pramana dan Wuku. Ketiga sistem itu dilandasi prinsip-prinsip matematis, geografis, sistematis dan religius.

“Itu sebabnya, jangan disamakan antara sistem kalender Bali dengan sistem kalender lain. Kalau ingin memahami sistem kalender Bali, gunakanlah cara pandang tika Bali,” tandas Marayana. (b.)
__________________________ 

Penyunting: KETUT JAGRA

KOMENTAR

BLOGGER: 1
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

Nama

Bale Bengong,21,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,8,Bali Hari Suci,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,59,BALI JANI,266,Bali Kui,18,Bali Lango,2,BALI OPINI,8,Bali Pariwara,12,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Spiritual,3,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,147,Bali Unik,2,BALI WISATA,12,BALINESIA,1,Balu Kui,1,Boga Bali,3,Buda Wage Kelawu,2,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,9,Dresta Bali,16,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,2,Nak Bali,25,Nyama Braya,14,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,10,Resensi,5,Sarwa Prani,7,SASULUH,7,Segara Giri,17,Sima Dresta,27,Sloka Bali,12,Ulasan,5,Wali Bali,15,WISATA DESA,4,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Bali Miliki Bulan Ketiga Belas, Ini Makna dan Pantangannya
Bali Miliki Bulan Ketiga Belas, Ini Makna dan Pantangannya
Bali ternyata memiliki bulan ketiga belas. Namanya Sasih Mala Jyesta atau Mala Sadha. Apa makna dan pantangannya?
https://3.bp.blogspot.com/-KtxdpeLIThc/V0DyyZBKJHI/AAAAAAAAAFo/HNw7kvyARvwwfGE8dPfEKIcFW2LuBIAfQCLcB/w480-h640/Ngaben%2BBali.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-KtxdpeLIThc/V0DyyZBKJHI/AAAAAAAAAFo/HNw7kvyARvwwfGE8dPfEKIcFW2LuBIAfQCLcB/s72-w480-c-h640/Ngaben%2BBali.JPG
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2016/05/bali-miliki-bulan-ketiga-belas-ini.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2016/05/bali-miliki-bulan-ketiga-belas-ini.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Artikel Tidak Ditemukan TAMPILKAN SEMUANYA Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Seluruhnya REKOMENDASI UNTUK ANDA LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda Cari Tidak Ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content