I Ketut Sudewa Pimpin Hiski Bali

Kepengurusan Hiski Bali terbentuk. I Ketut Sudewa ditunjuk sebagai ketua.

I Ketut Sudewa, Ketua Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Unud memimpin Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (Hiski) Komisariat Bali. Penunjukan Sudewa sebagai Ketua Hiski Bali ini merupakan kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan pembentukan pengurus Hiski Bali di Kampus Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Unud, Sanglah, Denpasar, Jumat (15/1).

Sudewa didampingi IGA Mas Triadnyani sebagai sekretaris umum dan Ni Wayan Sumitri sebagai bendahara umum. Pengurus baru ini akan dilantik Februari mendatang.

Penasihat Hiski Bali (dri kiri ke kanan), I Nyoman Kutha Ratna, I Nyoman Darma Putra an AA Ngurah Rai Iswara. (balisaja.com/courtesy: Gusade Darmasuta)
Sudewa menjelaskan Hiski Bali merupakan organisasi profesi berbasis keilmuan yang menghimpun para sarjana kesusastraan di Indonesia. Organisasi ini terbentuk tahun 1984. Akan tetapi, cukup lama organisasi ini vakum. Setelah terpilih pengurus Hiski Pusat yang diketuai Suwardi Endraswara, muncul keinginan kuat untuk menghidupkan kembali organisasi ini.

“Meski pengurusnya kebanyakan kalangan dosen, ini bukan semata organisasi milik para dosen dan peneliti. Seluruh sarjana kesusastraan di Indonesia bisa ikut dalam organisasi ini, seperti guru, wartawan, penulis, sastrawan dan lainnya yang memiliki latar belakang disiplin ilmu sastra Indonesia,” kata Sudewa.

Upaya menghidupkan kembali Hiski Bali ini diapresiasi para sarjana kesusastraan di Bali. Namun, organisasi para terpelajar dalam bidang kesusastraan ini diharapkan tidak menjadi organisasi eksklusif yang hanya berpanggung di “menara gading”. Hiski mesti bisa memberi manfaat, tidak saja bagi anggotanya, tetapi juga masyarakat sastra dan publik secara umum.

Peneliti sastra Indonesia dari Balai Bahasa Provinsi Bali, IB Darmasuta menyambut baik upaya menghidupkan kembali Hiski. Darmasuta yang turut duduk di kepengurusan Hiski Bali ini berharap Hiski yang kembali disegarkan darahnya ini mampu menjalankan hakikat tujuan keberadaannya membina dan mengembangkan gagasan dan kreativitas anggotanya di bidang kesusastraan, menyebarluaskan hasil-hasil kegiatannya demi kemajuan pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaa serta meningkatkan apresiasi kesusastraan di kalangan masyarakat.

“Semoga tidak hanya berpanggung di ‘menara gading’, karena denyut sesungguhnya sastra itu ada di masyarakat. Di panggung-panggung yang mereka buat dengan kesungguhan hati, Sebentuk panggung di ‘padma hati’ tanpa hiasan ‘titel’ apa pun,” kata mantan Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali ini.

Guru yang juga pengarang, IB Widiasa Keniten berharap Hiski Bali bisa membangkitkan iklim bersastra, tidak saja di internal kampus, tetapi juga ke sekolah-sekolah dan masyarakat. Karena itu, Widiasa Keniten mengusulkan Hiski Bali mengagendakan program pelatihan dalam bidang kesastraan bagi para guru bahasa dan sastra yang menjadi ujung tombak pembelajaran sastra di sekolah-sekolah.

Sekda Kota Denpasar, AA Ngurah Rai Iswara yang juga seorang sarjana sastra Indonesia juga menyambut baik upaya menghidupkan kembali Hiski. Rai Iswara yang didudukkan menjadi penasihan ini menyatakan siap mendukung kegiatan Hiski.

Hal senada juga diungkapkan Guru Besar Sastra Indonesia FSB Unud, I Nyoman Kutha Ratna dan I Nyoman Darma Putra yang juga penasihat Hiski Bali. Kutha Ratna menyambung ajakan Rai Iswara agar semua anggota Hiski bisa bekerja bersama-sama demi kemajuan sastra Indonesia.

Pengarang Oka Rusmini mengaku senang ikut dilibatkan dalam kepengurusan Hiski Bali. Namun, dia meminta agar organisasi ini tidak bersifat eksklusif di kalangan akademisi tetapi juga terbuka kepada berbagai kelompok profesi. Menurutnya, Hiski harus bisa menjadi jembatan antara akademisi sastra dan masyarakat sastra sehingga bisa bergerak bersama memajukan sastra Indonesia. (b.)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: I Ketut Sudewa Pimpin Hiski Bali
I Ketut Sudewa Pimpin Hiski Bali
Kepengurusan Hiski Bali terbentuk. I Ketut Sudewa ditunjuk sebagai ketua.
http://2.bp.blogspot.com/-2HQnM28Sy3s/VpwT6yugwdI/AAAAAAAAC-o/LMl4vR-tkIE/s640/Hiski%2BBali.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-2HQnM28Sy3s/VpwT6yugwdI/AAAAAAAAC-o/LMl4vR-tkIE/s72-c/Hiski%2BBali.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2016/01/i-ketut-sudewa-pimpin-hiski-bali.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2016/01/i-ketut-sudewa-pimpin-hiski-bali.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content