Mau Beli Kendaraan Bermotor? Ini Hari Baik Menurut Tradisi Bali

Anda punya rencana membeli mobil? Ingin tahu hari baik membeli mobil menurut tradisi Bali?

Mencari hari baik di kalender khas Bali.
Zaman boleh modern, tapi orang Bali dikenal masih memegang kuat tradisinya. Manakala melakukan suatu kegiatan, orang Bali masih saja menimbang waktu yang tepat dengan mencari hari baik. Tidak saja berkaitan dengan upacara adat dan agama, juga berkaitan dengan kegiatan-kegiatan profan, semisal membeli barang-barang elektronik dan kendaraan bermotor.

Kalender Bali biasanya menjadi sandaran untuk memilih hari baik itu. Di bagian bawah, biasanya dicantumkan hari-hari baik untuk melaksanakan suatu upacara atau kegiatan. Orang Bali yang ingin mengetahui hari baik melakukan sesuatu tinggal membuka kalender.

Hanya memang, tidak semua kegiatan dapat ditemukan hari baiknya dalam kalender. Kegiatan membeli sepeda motor, bagi orang Bali, perlu dilakukan dengan mempertimbangkan hari baik. Bahkan, di internet, pencarian dengan kata kunci (keyword) “hari baik membeli sepeda motor atau mobil” terbilang cukup banyak dicari. Itu artinya, banyak orang, terutama di Bali, berpikir mencari hari baik tatkala hendak membeli motor atau mobil.

“Sayangnya di kalender tidak ada. Yang ada baru hari baik membeli barang-barang elektronik, belum tegas menyebut kendaraan bermotor,” kata Kanta.

Penyusun kalender dari Buleleng, I Gde Marayana mengakui di kalender memang tidak ada dewasa ayu atau hari baik membeli kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan, tradisi dewasa ayu cenderung berkaitan dengan upacara keagamaan atau aktivitas dalam bidang agraris, seperti bertani, beternak, melaut, membangun rumah atau tempat suci. Namun, kalender Bali juga mencantumkan hari baik untuk bersenggama.

Lontar-lontar wariga memang tidak ada menyebut hari baik untuk keperluan yang satu ini karena merupakan perkembangan mutakhir dalam kehidupan masyarakat Bali. Namun, sesungguhnya, hari baik membeli kendaraan bermotor itu bisa dilihat dari tujuannya. Jika kendaraan bermotor itu digunakan untuk tujuan bisnis, dewasa ayu yang digunakan bisa dewasa perdagangan.

Tapi, imbuh Marayana, tradisi wariga Bali sesungguhnya sudah memberikan peluang untuk mengadopsi perkembangan mutakhir termasuk pembelian kendaraan bermotor ini. Menurut Marayana, dalam wariga Bali ada hari kajeng dadi atau tulus yang dianggap baik untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

“Kalau memang harus mencari hari baik, bisa dipilih hari dadi atau tulus,” kata Marayana.

Hanya saja, kata Marayana, hari dadi dan tulus itu jangan sampai bertemu dengan kala papasan atau kala sudukan. Menurut Marayana, kala papasan dan kala sudukan dimaknai sebagai hari yang tidak baik untuk padewasan. Karena itu, dianggap memiliki pengaruh kurang baik untuk melakukan suatu kegiatan atau upacara. (b.)
___________________________  

Penulis: Ketut Jagra 
Foto: Ketut Jagra 
Penyunting: I Made Sujaya

COMMENTS

BLOGGER: 5
  1. Mohon pencerahan kalau bln mei 2019 hari atau tgl yg baik utk ngambil sepeda motor?? Suksma

    BalasHapus
  2. Mau tanya bulan Juli 2020 hari baik untuk membeli motor tgl berapa????

    BalasHapus
  3. mau tanya bulan oktober 2020 hari baik membeli motor tanggal berapa

    BalasHapus
  4. Mau tanya ya? Hari baik untuk beli motor bulan desember 2020

    BalasHapus
  5. Om Suastiastu, Mohon pencerahannya, ty mau beli motor bulan Juni 2021, kira2 tgl berapa baiknya dibawa pulang dan di upacarai, matur suksma

    BalasHapus
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Mau Beli Kendaraan Bermotor? Ini Hari Baik Menurut Tradisi Bali
Mau Beli Kendaraan Bermotor? Ini Hari Baik Menurut Tradisi Bali
Anda punya rencana membeli mobil? Ingin tahu hari baik membeli mobil menurut tradisi Bali?
https://1.bp.blogspot.com/-vQJG7ETxqTk/YKCOKMUoyQI/AAAAAAAAXg0/JC72vqH18NAbd492tr1umPbyEpCqzCNzACLcBGAsYHQ/w640-h489/Hari%2BBaik%2BBeli%2BMobil.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vQJG7ETxqTk/YKCOKMUoyQI/AAAAAAAAXg0/JC72vqH18NAbd492tr1umPbyEpCqzCNzACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h489/Hari%2BBaik%2BBeli%2BMobil.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2015/10/mau-beli-kendaraan-bermotor-ini-hari.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2015/10/mau-beli-kendaraan-bermotor-ini-hari.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content