Kasus-kasus LPD di Bali Mesti Ditangani Melalui Peradilan Adat

Kasus-kasus LPD di Bali semestinya ditangani melalui mekanisme peradilan adat. Mengapa?

Sejumlah kasus yang berkaitan dengan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali kerap kali diselesaikan melalui jalur hukum positif. Langkah ini tidak saja mengabaikan hakikat LPD sebagai duwe desa adat atau desa pakraman yang diatur dengan hukum adat, tetapi juga dianggap sebagai bentuk kriminalisasi terhadap pengurus LPD. Karena itu, amat penting bagi Bali membentuk peradilan adat yang menangani masalah-masalah adat, termasuk kasus yang membelit LPD.

Keberadaan peradilan adat ini diusulkan praktisi hukum, I Made Ritig. Saat menghadiri sosialisasi Dewan LPD Bali di ruang pertemuan LPD Desa Adat Kedonganan, Jumat (23/10), Ritig menilai keberadaan peradilan adat Bali cukup mendesak bagi Bali mengingat banyaknya kasus-kasus adat di Bali. Kasus yang belakangan mengundang sorotan, yakni penggelapan dana LPD di beberapa desa adat. Kasus LPD ini langsung diselesaikan dengan hukum positif, padahal LPD merupakan lembaga keuangan khusus komunitas adat Bali yang dilandasi hukum adat. LPD juga jelas-jelas sebagai duwe (hak milik penuh) desa adat.

“Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) sangat tepat memfasilitasi pembentukan peradilan adat ini,” kata tokoh masyarakat Kedonganan ini.

Ketua Dewan LPD Bali, I Gede Made Sadguna (nomor dua dari kiri) memberikan penjelasan kepada wartawan usai sosialisasi lembaga yang dipimpinnya di LPD Desa Adat Kedonganan, Jumat (23/10)
Ketua Dewan LPD Bali, I Made Gde Sadguna juga menyatakan keprihatinan dengan munculnya kasus-kasus LPD yang kini diproses berdasarkan hukum positif. Memang, kata Sadguna, kasus LPD itu bisa dipilah. Jika menyangkut pengelolaan LPD, semestinya bisa diselesaikan berdasarkan hukum adat. Namun, jika menyangkut tindakan kriminal, seperti merusak jendela kantor LPD, tentu layak ditangani secara hukum positif.

Dewan LPD Bali yang baru saja dibentuk MUDP Bali untuk membentuk sistem keuangan adat Bali, kata Sadguna, akan memiliki salah satu badan khusus berupa badan peradilan LPD yang akan menangani kasus atau permasalahan yang muncul terkait LPD. “Jika nanti ada kasus LPD, tidak boleh langsung ke hukum positif. Badan Peradilan LPD di Dewan LPD Bali inilah yang akan menyelesaikannya,” kata  Sadguna.

Sekretaris Dewan LPD Bali, I Ketut Madra menambahkan Badan Peradilan LPD Dewan LPD Bali merupakan bagian utuh dari sistem keuangan adat Bali. Penanganan kasus-kasus LPD melalui badan peradilan adat memang sangat tepat karena LPD sudah ditegaskan sebagai lembaga keuangan khusus komunitas adat Bali berdasarkan hukum adat Bali.

Dalam adat Bali sudah ada kertha desa di masing-masing desa adat. Selama ini, lembaga kertha desa kurang difungsikan. Nanti, Badan Peradilan LPD Dewan LPD Bali akan mengadopsi sistem peradilan adat ini.

“Kalau setiap kasus LPD diselesaikan melalui peradilan umum dan pengurus yang dinilai bersalah di penjara, nanti orang takut menjadi pengurus LPD. Tapi, bukan berarti juga membenarkan segala tindakan pengurus LPD. Nanti Badan Peradilan LPD Bali yang menimbang, sejauh mana kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan. Sanksinya tentu mengacu hukum adat Bali,” kata Madra.

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unud, I Wayan Suartana mengingatkan penyelesaian kasus-kasus LPD ke peradilan umum tidak sesuai dengan kekhususan atau keunikan LPD sebagai lembaga keuangan komunitas adat Bali. Suartana yang juga duduk sebagai anggota Dewan LPD menyatakan LPD merupakan satu-satunya lembaga keuangan di dunia yang unik dan otentik. Karena itu, keunikan LPD mesti dijaga. Dewan LPD Bali, kata Suartana, bertugas menjaga keunikan LPD itu. (b.)

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. SESUAI DGN UU NO 1/2013 LPD DIAKUI KEBERADAANNYA BERDASARKAN HUKUM ADAT DAN TIDAK TUNDUK PADA UNDANG UNDANG INI. KONDISI RIIL, OPERASIONAL LPD BERDASARKAN PERDA . OLEH KARENANYA DEMI BALI KEDEPA PERLU SEGERA PEMERINTAH DAN PEMANGKU KEPENTINGAN ADAT BALI DUDUK BERSAMA .MENYELESAIKAN. INI ( DEWAN LPD dan LP LPD DUDUK SATU MEJA).JANGAN KORBAN RAKYAT BALI DEMI GENGSI. KITA SEMUA CINTA KEBALIAN BALI.

    BalasHapus
  2. SESUAI DGN UU NO 1/2013 LPD DIAKUI KEBERADAANNYA BERDASARKAN HUKUM ADAT DAN TIDAK TUNDUK PADA UNDANG UNDANG INI. KONDISI RIIL, OPERASIONAL LPD BERDASARKAN PERDA . OLEH KARENANYA DEMI BALI KEDEPA PERLU SEGERA PEMERINTAH DAN PEMANGKU KEPENTINGAN ADAT BALI DUDUK BERSAMA .MENYELESAIKAN. INI ( DEWAN LPD dan LP LPD DUDUK SATU MEJA).JANGAN KORBAN RAKYAT BALI DEMI GENGSI. KITA SEMUA CINTA KEBALIAN BALI.

    BalasHapus
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

SLOKA BALI$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=4$va=0

/fa-fire/PALING DICARI$type=one

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Kasus-kasus LPD di Bali Mesti Ditangani Melalui Peradilan Adat
Kasus-kasus LPD di Bali Mesti Ditangani Melalui Peradilan Adat
Kasus-kasus LPD di Bali semestinya ditangani melalui mekanisme peradilan adat. Mengapa?
http://2.bp.blogspot.com/-0NkLSYYmHUw/Vi8ip5N-ImI/AAAAAAAACx0/oBXTrhfAeKU/s640/WP_20151023_13_37_45_Pro%2B%25281%2529.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-0NkLSYYmHUw/Vi8ip5N-ImI/AAAAAAAACx0/oBXTrhfAeKU/s72-c/WP_20151023_13_37_45_Pro%2B%25281%2529.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2015/10/kasus-kasus-lpd-di-bali-mesti-ditangani.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2015/10/kasus-kasus-lpd-di-bali-mesti-ditangani.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content