Angkat Harga Diri Orang Bali, Perang Kusamba Layak Diperingati

Perang Kusamba, 24-25 Mei 1849 menjadi peristiwa heroik-patriotik penting dalam sejarah perjuangan rakyat Bali melawan penjajah Belanda. Peristiwa yang menewaskan Jenderal AV Michiels dan mengangkat kepahlawanan Dewa Agung Istri Kanya ini layak diperingati.

AA Bagus Wirawan
24-25 Mei 1849 atau 166 tahun silam, sebuah peristiwa bersejarah pecah di Desa Kusamba, benteng utama Kerajaan Klungkung di sisi timur. Kala itu, laskar rakyat Klungkung yang tergabung ke dalam laskar pemating dan endehan mencatatkan sejarah penting dalam perjuangan rakyat Bali menghadapi invasi penjajah Belanda dengan menewaskan pemimpin pasukan Belanda, Mayor Jenderal AV Michiels. Perang Kusamba juga mencatatkan kepahlawanan Dewa Agung Istri Kanya, raja putri Kerajaan Klungkung. 

Namun, peristiwa ini nyaris tak pernah diperingati secara resmi seperti halnya peristiwa perang Puputan Klungkung 28 April 1908. Padahal, peristiwa Perang Kusamba menorehkan semangat heroik dan patriotik yang tak kalah dengan peristiwa Puputan Klungkung. Bahkan, seperti halnya Perang Jagaraga 1846 yang berhasil mempecundangi Belanda, Perang Kusamba juga mengangkat harkat, martabat dan harga diri orang Bali karena berhasil menewaskan pemimpin utama pasukan Belanda.

(Baca: Perang Kusamba, Kemenangan Gemilang Laskar Klungkung di Bumi Ilalang)

Profesor Sejarah dari Universitas Udayana (Unud), AA Bagus Wirawan menyatakan peristiwa Perang Kusamba merupakan kelanjutan dari Perang Jagaraga. Karena itu, menurut Wirawan, Perang Kusamba merupakan bagian penting dari perlawanan rakyat Bali melawan penjajahan kolonial Belanda.

Diakui Wirawan, Perang Kusamba memang sebagai perlawanan dalam skala kecil. Dalam Perang Kusamba juga tidak ada korban dari pihak raja atau keluarga kerajaan. Korbannya dari pihak rakyat, pihak prajurit. Perang Kusamba juga tidak mengakhiri Kerajaan Klungkung. Selain itu, Perang Kusamba juga berakhir dengan kekalahan Klungkung karena Kusamba akhirnya bisa dikuasai Belanda, terutama setelah ditandatanganinya perjanjian di Kuta sebulan setelah perang.

Tapi, menurut Ketua Program Studi Doktor Kajian Budaya Unud ini, Perang Kusamba memiliki arti penting dalam sejarah perlawanan rakyat Bali menghadapi penjajahan Belanda. Bahkan, dampak yang ditimbulkan dalam peristiwa itu sangat besar karena Belanda kehilangan pemimpin pasukannya yang seorang jenderal. “Kalau pun Perang Kusamba disebut sebagai kekalahan Klungkung, tetapi kekalahan itu dibayar dengan sebuah hasil yang sangat penting, seorang pemimpin pasukan Belanda yang berpangkat jenderal tewas di tangan prajurit Klungkung,” kata Wirawan yang juga tokoh Puri Gelgel, Klungkung ini.

(Baca: Dewa Agung Istri Kanya, Perempuan Bali Pemimpin Perang Kusamba)

Karena itu, Wirawan menilai Perang Kusamba layak diperingati seperti halnya Puputan Klungkung. Dalam Perang Kusamba, setidaknya bisa dipetik tiga nilai karakter bangsa, yakni heroisme, patriotisme dan emansipasi wanita.

“Namun, untuk menggelar peringatan resmi seperti Puputan Klungkung, jelas itu menjadi kewenangan Pemkab Klungkung. Itu sangat tergantung pada dana yang dimiliki, selain tentu soal komitmen pada nilai-nilai sejarah dan karakter bangsa,” kata mantan Dekan Fakultas Sastra Unud ini. 

Sejatinya, menurut Wirawan, upaya memperingati Perang Kusamba sudah dimulai secara terbatas oleh masyarakat Klungkung sejak beberapa tahun belakangan. Hal ini dinilai Wirawan justru bagus karena lahir dari inisiatif rakyat. (b.)

COMMENTS

BLOGGER

SLOKA BALI$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=4$va=0

/fa-fire/PALING DICARI$type=one

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Angkat Harga Diri Orang Bali, Perang Kusamba Layak Diperingati
Angkat Harga Diri Orang Bali, Perang Kusamba Layak Diperingati
Perang Kusamba, 24-25 Mei 1849 menjadi peristiwa heroik-patriotik penting dalam sejarah perjuangan rakyat Bali melawan penjajah Belanda. Peristiwa yang menewaskan Jenderal AV Michiels dan mengangkat kepahlawanan Dewa Agung Istri Kanya ini layak diperingati.
http://3.bp.blogspot.com/-fLa6QgBzt68/VWEX0W477sI/AAAAAAAACqg/DSndHoepNPs/s400/AA%2BBagus%2BWirawan.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-fLa6QgBzt68/VWEX0W477sI/AAAAAAAACqg/DSndHoepNPs/s72-c/AA%2BBagus%2BWirawan.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2015/05/angkat-harga-diri-orang-bali-perang.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2015/05/angkat-harga-diri-orang-bali-perang.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content