Asal-usul Seminyak

Pernah berkunjung ke Pantai Seminyak? Bagaimanakah asal-usul nama Seminyak? Berikut ceritanya.

Pantai Seminyak (Sumber foto: www.wikitravel.org)

Oleh: KETUT JAGRA 

Seminyak kini tersohor sebagai salah atau tempat wisata pilihan wisatawan, baik asing maupun domestik. Di internet, nama Seminyak belakangan makin berkibar. Di laman mesin pencari Google, kata kunci “seminyak” tercatat di 12.300.000 laman. Angka ini melampaui kata kunci “legian” yang mencatat angka 7.260.000. Meski belum bisa menyamai kata kunci “kuta” yang mencapai 30.000.000, pencapaian Seminyak yang terletak di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung ini merupakan prestasi tersendiri. Pasalnya, Seminyak relatif belakangan berkembang sebagai destinasi wisata tinimbang Legian.

Kendati makin tenar sebagai objek wisata, banyak yang tak tahu asal-usul nama Seminyak. Hingga kini, ada dua versi mengenai cikal bakal nama Seminyak.

Versi pertama berhubungan dengan Raja Pemecutan yang menguasai wilayah Badung, termasuk Seminyak. Diceritakan, pada masa lalu salah seorang sameton (saudara) Raja Pemecutan diutus untuk membuka lahan yang msih berupa hutan di kawasan Legian hingga Seminyak sekarang. Di sinilah dia mendirikan sebuah jero (rumah).

Oleh raja, dia diberikan panjak (rakyat pengikut) yang berasal dari Desa Padangsumbu. Hingga kini, tutur Mara, masih ada ikatan pasawitran (persaudaraan) yang rekat antara warga Seminyak dengan Padangsumbu. “Bila di Padangsumbu ada kematian, kami datang ke sana. Begitu juga sebaliknya, di Seminyak ada kematian, mereka datang ke  sini,” tutur tokoh masyarakat Seminyak, I Wayan Mara.

Lantas, bagaimana sampai muncul nama Seminyak? Konon, menurut versi ini, Seminyak berasal dari dua akar kata yakni sami (semua) dan nyak (mau). Waktu membuka lahan atau pun membangun jero, para pengikut sang keluarga raja atau pun penduduk lainnya tak ada yang tungkas (membantah atau menentang), semua tunduk, semua mau mengikuti perintah.

Cerita versi kedua berkaitan dengan Pura Camplung Tanduk di Pantai Seminyak. Diceritakan, pada saat berada di Pura Petitenget, Danghyang Nirartha yang menjadi pendeta Kerajaan Gelgel mengutus pengawalnya bernama Kebo Ijo berlayar menuju selatan. Sampai di Pantai Seminyak, tiba-tiba Kejo Ijo memiliki tanduk. Karena itulah kemudian dibuatkan sebuah palinggih yang lama-kelamaan menjadi Pura Camplung Tanduk. Dikenal dengan nama seperti itu karena di areal pura yang kini di-among (menjadi penanggung jawab) Jero Seminyak itu tumbuh pohon camplung. Uniknya, hanya di areal pura pohon itu bisa tumbuh, sedangkan di lain tempat bahkan di luar areal pura tidak bisa.

“Buah camplung di sana memang bentuknya menyerupai tanduk. Minyak dari buah camplung itulah sering dipakai apun (urut) atau pun obat. Karena buah camplungnya bisa digunakan minyak itulah lantas dikenal nama Seminyak,” imbuh Mara.

Lantas, versi mana yang benar? Tidak mudah menyimpulkan mana yang benar. Warga Seminyak sendiri menerima keragaman versi itu sebagai sebuah kekayaan tradisi lisan. Desa yang memiliki keragaman versi cerita asal-usul bukan hanya Seminyak, tapi juga banyak desa lain.

Luas wilayah Seminyak tak lebih dari 2,06 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 4.000 jiwa. Seperti halnya Kuta dan Legian, sebagian besar penduduknya bergerak di sektor pariwisata. (b.)
__________________________

Penyunting: I MADE SUJAYA

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Wah khayanya harus berkunjung juga kesana :) :)

    BalasHapus
  2. Kemudian, Desa Adat Seminyak digabung dengan Banjar Basangkasa, Desa Adat Kerobokan menjadi Kelurahan Seminyak

    BalasHapus
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

SLOKA BALI$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=4$va=0

/fa-fire/PALING DICARI$type=one

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Asal-usul Seminyak
Asal-usul Seminyak
Pernah berkunjung ke Pantai Seminyak? Bagaimanakah asal-usul nama Seminyak? Berikut ceritanya.
http://1.bp.blogspot.com/-n9P2gesX29w/VSyZJJNVYRI/AAAAAAAACc4/luVA2GahSoA/w640-h426/Pantai%2BSeminyak.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-n9P2gesX29w/VSyZJJNVYRI/AAAAAAAACc4/luVA2GahSoA/s72-w640-c-h426/Pantai%2BSeminyak.JPG
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2015/04/asal-usul-seminyak.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2015/04/asal-usul-seminyak.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content