Ingin Pilih Desa Adat, Sumatera Barat Belajar ke Bali

Desa Adat, Bali, Desa Adat Kedonganan, DPRD Sumbar, UU Desa

Ketika Bali terbelah antara pilihan mendaftarkan desa adat atau desa dinas, Sumatera Barat malah belajar ke Bali untuk memantapkan pilihan mereka mendaftarkan desa adat menyikapi berlakunya UU No. 6/2014 tentang Desa. Rabu (11/3), Tim Perumus Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) UU Desa DPRD Sumatra Barat mengunjungi Desa Adat Kedonganan, Kecamatan Kuta, Badung, untuk melihat dari dekat denyut aktivitas kegiatan masyarakat adat Bali. Mereka diterima prajuru Desa Adat Kedonganan di Gedung LPD Desa Adat Kedonganan.

Pertemuan antara prajuru Desa Adat Kedonganan dan rombongan DPRD Sumatera Barat

Ketua rombongan DPRD Sumbar, H. Aristo Munandar menyatakan kedatangan mereka ke Bali ingin mencari perbandingan seputar pilihan pengakuan desa adat atau desa dinas terkait dengan diberlakukannya UU Desa. Menurut Aristo, Bali dan Sumatra Barat memiliki kemiripan dalam pengelolaan sistem adat yang diwariskan secara turun-menurun.
“Kami di Sumbar tengah mewacanakan kembali menata sistem adat ini karena ada peluang dengan diterbitkannya UU,” kata Aristo yang pernah menjadi kandidat Gubernur Sumbar ini.
Dijelakan Aristo, masyarakat Sumbar kini sedang menimbang antara pilihan desa adat atau desa dinas. Di kalangan elite, kata Aristo, lebih condong memilih desa adat, sedangkan di tatanan bawah memilih desa dinas. “Kami sebenarnya ingin meniru Bali, apa pilihan masyarakat Bali. Kalau saya lebih condong memilih desa adat,“ jelas mantan Bupati Agam ini.
Aristo memiliki alasan kuat memilih desa adat. Menurut Aristo, adat di Sumbar sudah tertata dengan baik, sama seperti Bali. “Struktur adat lengkap, pengurusnya lengkap dan fungsi adat dalam menjaga budaya dan tradisinya juga masih sangat relevan,” tambah Arsito seraya menyebutkan Bali, Sumbar dan Aceh benar-benar masih kental dengan tradisinya masing -masing.
Tokoh Kedonganan yang juga Ketua LPD Kedonganan, I Ketut Madra sepakat dengan Aristo mengenai kesamaan Bali dan Sumbar dalam pengelolaan adat. Namun, situasi di Sumbar terbalik dengan Bali. Di Bali, kata Madra, justru arus bawah berkeinginan adat tetap dipertahankan, sebaliknya di kalangan elite, para bupati dan walikota masih bingung. 
“Namun, ada beberapa bupati sudah menyatakan sikap tegas ingin mendaftarkan desa adat,” kata Madra yang juga prajuru Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Provinsi Bali. 
Menurut Madra, struktur adat tidak jauh beda dengan Sumbar. Bahkan, Bali justru pernah belajar ke Sumbar mengenai lembaga keuangan milik komunitas adat, yakni Lumbung Pitih Nagari (LPN). Di Bali, konsep LPN dikembangkan menjadi LPD. 

“Itu artinya, antara Bali dan Sumbar tidak ada masalah dengan desa adat. Lembaganya masih ada, struktur dan fungsinya masih berjalan dan hubungan dengan pemerintah harmonis. Karena itu, hal semacam ini harus dipertahankan dan diperkuat,” tandas Madra. (b.)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Ingin Pilih Desa Adat, Sumatera Barat Belajar ke Bali
Ingin Pilih Desa Adat, Sumatera Barat Belajar ke Bali
Desa Adat, Bali, Desa Adat Kedonganan, DPRD Sumbar, UU Desa
http://3.bp.blogspot.com/-w6AWLL5OfGE/VQIRjiI-DdI/AAAAAAAACPM/yK903oieSac/s1600/Kunjungan%2BDPRD%2BSumbar.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-w6AWLL5OfGE/VQIRjiI-DdI/AAAAAAAACPM/yK903oieSac/s72-c/Kunjungan%2BDPRD%2BSumbar.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2015/03/ingin-pilih-desa-adat-sumatera-barat.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2015/03/ingin-pilih-desa-adat-sumatera-barat.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content