Untuk Kepentingan Strategis, Bali Sebaiknya Daftarkan Desa Adat

UU Desa, Bali Memilih Desa Adat, Wayan Koster, Pansus UU Desa


Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari daerah pemilihan Bali, I Wayan Koster menilai untuk kepentingan strategis, Bali sebaiknya mendaftarkan desa adat. Pasalnya, desa adat merupakan benteng adat dan budaya Bali. 
Harapan ini disampaikan Koster saat pertemuan dengan Panitia Khusus (Pansus) UU Desa DPRD Provinsi Bali, Jumat (12/12). Pertemuan yang dipimpin Ketua Pansus UU Desa, Nyoman Parta itu juga dihadiri anggota DPR dari daerah pemilihan Bali, di antaranya IB Putu Sukarta dan Putu Suartana serta anggota DPRD dari perwakilan Bali, Gede Pasek  Suardika,  Arya Wedakarna dan Kadek Arimbawa. Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama juga turut mendampingi.


Koster juga mengatakan, Bali atau bahkan kabupaten/kota oleh UU dibolehkan ada desa yang didaftarkan desa dinas dan ada yang desa adat. Meski mendaftarkan desa adat, Bali bisa memberikan pengecualian untuk desa-desa yang komunitasnya masyarakat non Hindu. Misalnya, di Jembrana ada desa yang tidak ada desa adat. Yang ada masyarakat Islam atau Kristen jangan dijadikan desa adat, tetapi tetap desa dinas untuk melindungi masyarakat yang ada di situ. 
“Jadi, prinsipnya di sini walaupun kita mendaftarkan desa adat, tidak seratus persen. Tetap berlaku prinsip perlindungan kepada semua warga negara, apa pun sukunya, apa pun agamanya, karena ini Negara Pancasila dan NKRI,” tandas Koster.

Koster mengatakan Bali paling lambat mendaftarkan pilihan pada 15 Januari 2015. Jika yang didaftarkan desa dinas, sudah teregister. “Sebanyak 716 desa dinas di Bali sudah teregister, sudah terdaftar. Tinggal mengukuhkan kembali,” ujarnya. Namun, kalau desa adat yang didaftarkan, maka perlu menyiapkan peraturan daerahnya. 

“Jadi walaupun kita mendaftar dalam batas waktu tanggal 15 Januari 2015, tidak berarti secara efektif tahun 2015 menggunakan kelembagaan desa adat. Belum tentu. Karena perdanya harus selesai dulu. Pembuatan perda ini kan butuh waktu,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Jika Bali mendaftarkan desa adat sebelum 15 Januari 2015, tidak menggunakan ketentuan persyaratan jumlah minimal penduduk karena termasuk kategori pendaftaran pertama. Itu artinya, seluruh desa adat yang ada di Bali saat ini bisa langsung didaftarkan. Jika mendaftarkan setelah 15 Januari 2015, dikenakan persyaratan jumlah penduduk minimal. Bila pun setelah didaftarkan, strukturisasi desa adat belum terbentuk, aka nada masa transisi, misalnya setahun. 

Ketua Pansus UU Desa Nyoman Parta mengatakan pihaknya akan mendengarkan pandangan berbagai pihak sebelum mengeluarkan rekomendasi. Setelah mengundang anggota DPR dan DPD, Senin (15/12) depan pihaknya akan mengundang MUDP, PHDI, dan sulinggih terkemuka di Bali. Jumat (19/12) Pansus juga mengundang bupati/walikota. “Selanjutnya mengundang yang lain-lainnya,” ujarnya. (b.)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Bale Bengong,7,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,3,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,10,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Untuk Kepentingan Strategis, Bali Sebaiknya Daftarkan Desa Adat
Untuk Kepentingan Strategis, Bali Sebaiknya Daftarkan Desa Adat
UU Desa, Bali Memilih Desa Adat, Wayan Koster, Pansus UU Desa
http://2.bp.blogspot.com/-ycNh8vsXUOc/VIuFUT7SWxI/AAAAAAAACFw/VRQgt5-Qaqc/s1600/Koster.png
http://2.bp.blogspot.com/-ycNh8vsXUOc/VIuFUT7SWxI/AAAAAAAACFw/VRQgt5-Qaqc/s72-c/Koster.png
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2014/12/untuk-kepentingan-strategis-bali.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2014/12/untuk-kepentingan-strategis-bali.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content