Gubernur Pastika Pangkas Libur Galungan, Begini Tanggapan Ketua DPRD Bali

Libur Galungan, Pemprov Bali

Setelah muncul Surat Edaran Bank Indonesia (BI) Denpasar mengenai libur fakultatif di hari raya Galungan, kini Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika mengeluarkan kebijakan memangkas libur Galungan yang sebelumnya tiga hari menjadi sehari, hanya pada puncak hari raya Galungan. Itu artinya, saat hari Penampahan Galungan, Selasa (16/12) besok, pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Pemprov Bali tetap masuk kerja. Begitu juga saat Umanis Galungan, Kamis (18/12) mendatang.


Kegiatan apel bendera di Pemprov Bali (Repro: www.baliprov.go.id)
Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Bali, Dewa Gede Mahendra Putra kepada wartawan menjelaskan kebijakan itu diambil Gubernur Bali karena masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Kebijakan Gubernur Mangku Pastika itu, kata Dewa Mahendra, disampaikan secara lisan saat rapat rutin. 

Kebijakan Gubernur ini pun ditanggapi Ketua DPRD Bali, I Nyoman Adi Wiryatama. Mantan Bupati Tabanan ini mengaku bisa memaklumi kebijakan Gubernur yang mewajibkan PNS tetap masuk kerja saat Penampahan Galungan dan Umanis Galungan. Hal ini dikarenakan perayaan Galungan kali ini bertepatan dengan masa akhir tahun yang merupakan waktu tutup buku anggaran. Karena itu, pekerjaan pemerintahan mesti digenjot. 

"Kami sudah tanyakan hal ini dan kami memaklumi karena ini memang akhir tahun. Kami harapkan para PNS juga bisa maklum dan tetap bekerja seperti biasa," kata politisi PDI Perjuangan ini. 

Kendati begitu, Adi Wiryatama menambahkan, pada hari raya Galungan berikutnya, PNS tetap diberikan libur saat Penampahan Galungan, hari Galungan dan Umanis Galungan. Hal ini untuk memberikan kesempatan PNS yang beragama Hindu dapat menjalankan perayaan Galungan dengan khusyuk.

Sejumlah PNS di lingkungan Pemprov Bali menyatakan keberatan dengan kebijakan Gubernur Pastika itu. Ditetapkannya hari Penampahan Galungan dan Umanis Galungan sebagai hari kerja tidak hanya membuat mereka kerepotan karena harus menyiapkan perayaan Galungan, tetapi juga menyebabkan PNS yang beragama Hindu tidak bisa berkonsentrasi merayakan hari raya Galungan. 

"Hari Galungan itu kan hari raya istimewa. Hampir semua PNS yang merayakannya akan pulang kampung. Bukan saja untuk sekadar bersembahyang, tetapi juga ada yang mengikuti pesangkepan di banjar atau mengunjungi keluarga. Kalau sekarang Umanis Galungan mesti kerja, pasti orang cuma pulang bersembahyang saja. Padahal kita tidak bisa hanya datang bersembahyang, melainkan juga harus ikut guyub dengan kerabat," kata salah seorang PNS Pemprov Bali yang enggan namanya ditulis di koran. (b.)

COMMENTS

BLOGGER: 3
  1. Kebijakan Tak konsisten, alasan akhir tahun kerjaan numpuk sebenarnya sudah disikapi jauh jauh hari.

    BalasHapus
  2. Kebijakan Gub yg tidak konsisten, alasan kerjaan numpuk akhir tahun harusnya disikapi jauh sebelum hari h..

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dan senang dengan artikel Anda.
    Saya juga punya artikel yang menarik dan anda bisa akses di Pengembangan Bahasa dan Sastra

    BalasHapus
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

SLOKA BALI$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=4$va=0

/fa-fire/PALING DICARI$type=one

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,266,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Gubernur Pastika Pangkas Libur Galungan, Begini Tanggapan Ketua DPRD Bali
Gubernur Pastika Pangkas Libur Galungan, Begini Tanggapan Ketua DPRD Bali
Libur Galungan, Pemprov Bali
http://1.bp.blogspot.com/-INwEOueonuU/VI766dXrhfI/AAAAAAAACGw/yNDb14A2nuA/s1600/PNS%2BPemprov%2BBali.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-INwEOueonuU/VI766dXrhfI/AAAAAAAACGw/yNDb14A2nuA/s72-c/PNS%2BPemprov%2BBali.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2014/12/gubernur-pastika-pangkas-libur-galungan.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2014/12/gubernur-pastika-pangkas-libur-galungan.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content