Lawar Goak: Kisah Bali yang Benar-benar Bali

Buku ini memuat cerpen-cerpen berbahasa Bali karya Ketut Rida. Ceritanya sederhana, ringan, khas Bali dengan gaya bertutur bercita rasa Bali.

Oleh: I MADE SUJAYA 


Judul Buku                : Lawar Goak

Pengarang                  : I Ketut Rida
Penerbit                      : Arti Foundation
Tahun                         : 2014
Jumlah Halaman       : viii + 154 halaman

Jika ingin menemukan kisah Bali yang benar-benar Bali, buku kumpulan cerpen berbahasa Bali Lawar Goak karya I Ketut Rida ini layak dibaca. Kebalian Lawar Goak tidak saja tercermin dalam bahasa yang digunakan tapi juga pilihan tematik ceritanya yang amat khas Bali.

I Ketut Rida memang dikenal sebagai pengarang Bali modern dengan kekuatan utamanya pada bahasa Bali yang digunakan. Bahasa Bali Ketut Rida tidak hanya berasal dari ragam standar sehingga bisa dipahami penutur bahasa Bali secara umum, pilihan kata dan metaforanya juga sederhana. Karta-karyanya memilih ragam basa kepara, ragam bahasa umum dan bersifat medial, bukan ragam alus. Itu sebabnya, suasana egaliter amat terasa dalam cerpen-cerpen Ketut Rida.

(Baca : Sastrawan Bali Modern I Ketut Rida tak Bisa Menulis Lagi)

Tema-tema cerita Ketut Rida juga amat sederhana dan terasa nyaris tanpa konflik. Cerpen-cerpen Ketut Rida seolah mewakili dunia orang Bali yang sarat dengan harmoni dan keseimbangan. Tema-tema keseharian manusia Bali itu dibalut dengan pesan-pesan moral kental. Hal ini tampaknya dikarenakan latar belakang Ketut Rida sebagai seorang guru serta pernah bertugas menjadi tetua adat di desanya, Sulang, Klungkung.

Cara bertutur Ketut Rida juga begitu khas layaknya pertunjukan drama tradisional Bali, arja. Diawali dengan gambaran suasana alam yang tenang. Setelah itu barulah secara perlahan Ketut Rida menuturkan problematika ceritanya. Itu pun amat pelan sehingga boleh jadi terasa membosankan.

Justru, di situlah kekuatan seorang Ketut Rida. Kisah-kisahnya dalam buku ini merupakan kisah yang benar-benar Bali. Pembaca yang selama ini mengeluh karena merasakan sastra Bali modern belakangan ini tak lebih sebagai sastra Indonesia modern yang menggunakan bahasa Bali sebagai medium akan bisa mengobati kerinduannya dalam buku ini. Karena itu, tidak salah jika tim kurator Widya Pataka menobatkan buku I Ketut Rida sebagai penerima penghargaan itu untuk tahun 2014 ini. Widya Pataka merupakan penghargaan tahunan yang diberikan Pemerintah Provinsi Bali melalui Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Bali. (b.)
___________________________________ 

Penyunting: KETUT JAGRA

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Bale Bengong,21,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,8,Bali Hari Suci,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,59,BALI JANI,266,Bali Kui,18,Bali Lango,2,BALI OPINI,8,Bali Pariwara,12,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Spiritual,3,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,147,Bali Unik,2,BALI WISATA,12,BALINESIA,1,Balu Kui,1,Boga Bali,3,Buda Wage Kelawu,2,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,9,Dresta Bali,16,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,2,Nak Bali,25,Nyama Braya,14,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,10,Resensi,5,Sarwa Prani,7,SASULUH,7,Segara Giri,17,Sima Dresta,27,Sloka Bali,12,Ulasan,5,Wali Bali,15,WISATA DESA,4,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Lawar Goak: Kisah Bali yang Benar-benar Bali
Lawar Goak: Kisah Bali yang Benar-benar Bali
Buku ini memuat cerpen-cerpen berbahasa Bali karya Ketut Rida. Ceritanya sederhana, ringan, khas Bali dengan gaya bertutur bercita rasa Bali.
http://3.bp.blogspot.com/-3_lLMcDSzgQ/VHpJV55On2I/AAAAAAAACFQ/Lr2-1AE8-tI/w413-h640/Buku%2BLawar%2BGoak.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-3_lLMcDSzgQ/VHpJV55On2I/AAAAAAAACFQ/Lr2-1AE8-tI/s72-w413-c-h640/Buku%2BLawar%2BGoak.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2014/11/lawar-goak-kisah-bali-yang-benar-benar.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2014/11/lawar-goak-kisah-bali-yang-benar-benar.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Artikel Tidak Ditemukan TAMPILKAN SEMUANYA Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Seluruhnya REKOMENDASI UNTUK ANDA LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda Cari Tidak Ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content