Hadapi MEA, Bali Mesti Perkuat SDM dan Infrastruktur

MEA 2015, Perdagangan Bali


Teks: I Made Sujaya 
  
Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai akhir tahun 2015 membiakkan kekhawatiran banyak kalangan usaha, termasuk di Bali. Mengantisipasi era baru dalam dunia perdagangan di kalangan Negara-negara ASEAN itu, Bali mesti memperkuat sumber daya manusia (SDM) sekaligus menyiapkan infrastruktur. Pandangan ini disampaikan sejumlah anggota DPRD Bali dalam beberapa kesempatan berbeda.

Orang Bali berjualan kuliner
Anggota Fraksi Partai Demokrat, Nengah Tamba menyatakan  era perdagangan bebas di satu sisi bisa mendatangkan berkah, tapi sisi lain juga  merugikan. Menurutnya, dari sisi konsumen, hal ini tentu menguntungkan, tapi dari sisi produksi bisa merugikan. Hal itu dikarenakan sumber daya manusia (SDM) Bali kalah bersaing. Sementara pihak luar sudah siap bersaing dengan segala hal. Barang-barang luar diproduksi dengan biaya sangat murah dan kualitasnya juga terjamin.

Ia mengajak semua pihak mengantisipasi MEA ini. Antisipasi harus dilakukan sedini mungkin dan masyarakat Bali jangan sampai terkejut dengan adanya perdagangan bebas di ASEAN. Ia mendesak Pemprov untuk menyiapkan langkah antisipasi menghadapi MEA.  Antisipasi itu berupa sosialiasi kepada masyarakat dan meyiapkan regulasi untuk memproteksi usaha lokal. Tamba mengharapkan pemerintah memberikan perlindungan terhadap UKM di Bali. Seperti apa bentuk perlindungan itu, mesti dirumuskan bersama para pakar dan ahli terkait.

“Apakah MEA itu artinya sudah sebebas-bebasnya. Apakah ada produk barang tertentu yang dibatasi? Semua itu perlu pembahsan bersama agar tidak merugikan Bali,” kata Tamba.

Tamba menilai perlu aturan pemerintah yang mengatur perannya sendiri dan pihak swasta. Apa yang perlu dijaga dan apa yang perlu diantisipasi. Jangan sampai menjadi bom waktu yang siap meledak di Indonesia. “Contohnya transportasi kura-kura yang masuk ke Bali dengan pemodal asing. Nantinya mereka bisa bebas  di Bali,” katanya.

Menurut Tamba, kalau tidak secepatnya diambil langkah-langkah antisipasi, akan berpotensi memukul psikologis masyarakat Bali. Masyarakat Bali bisa shock, apalagi kalau Bali tidak siap.

Hal senada dikemukakan rekannya sesame anggota Fraksi Partai Demokrat, I Wayan Adnyana. Berbicara mewakili Fraksi Partai Demokrat saat sidang paripurna DPRD Bali, Masuknya MEA, Senin, 11 Agustus 2014, Adnyana mendesak pemerintah provinsi menata dan menyusun infrastruktur sebagai sarana untuk menyikapi MEA yang akan dimulai akhir tahun 2015.

"Kami menyarankan Gubernur Bali Made Mangku Pastika untuk menata dan menyusun infrastruktur sebagai sarana untuk menyikapi MEA di semua sektor dengan menyiapkan peraturan-peraturan untuk memproteksi atau melindungi sektor-sektor yang lemah, seperti pertanian, industri kerajinan rumah tangga, jasa konstruksi, jasa pariwisata dan lainnya," kata Adnyana.

Ia mengharapkan masyarakat Bali meningkatkan profesionalisme diri sesuai dengan bidangnya untuk mengatasi persaingan global, sehingga tidak tertinggal dan hanya berperan sebagai penonton di daerah sendiri. Caranya, mengikuti kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Oleh karena itu perlu membuka wawasan, komunikasi dan informasi untuk produksi agar mampu menekan biaya-biaya yang tidak diperlukan, begitu juga mengembangkan desain dan hak cipta serta memanfaatkan media promosi," katanya. (b.)

COMMENTS

BLOGGER

SLOKA BALI$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=4$va=0

/fa-fire/PALING DICARI$type=one

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Hadapi MEA, Bali Mesti Perkuat SDM dan Infrastruktur
Hadapi MEA, Bali Mesti Perkuat SDM dan Infrastruktur
MEA 2015, Perdagangan Bali
http://2.bp.blogspot.com/-aE5n2kd-yCM/VDBxCtsp6xI/AAAAAAAAB-4/ir5mIF3YtM4/s1600/Orang%2BBali%2BBerjualan.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-aE5n2kd-yCM/VDBxCtsp6xI/AAAAAAAAB-4/ir5mIF3YtM4/s72-c/Orang%2BBali%2BBerjualan.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2014/09/hadapi-mea-bali-mesti-perkuat-sdm-dan.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2014/09/hadapi-mea-bali-mesti-perkuat-sdm-dan.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content