Inilah Sekolah Pertama di Bali yang Turut "Andil" Dalam Kelahiran Soekarno

Oleh: I MADE SUJAYA Perkenalan masyarakat Bali dengan dunia pendidikan modern hampir tidak jauh berbeda dengan masyarakat daerah-daerah ...

Oleh: I MADE SUJAYA

Perkenalan masyarakat Bali dengan dunia pendidikan modern hampir tidak jauh berbeda dengan masyarakat daerah-daerah lainnya di Indonesia. Mereka mengenal pendidikan ala Barat setelah masuknya penjajah Belanda. Dilandasi tujuan menyiapkan calon pegawai dari kalangan bumi putera, pemerintah Hindia Belanda mulai membangun sekolah sekitar pertengahan abad ke-19. 

SDN 1 dan 2 Pakset Agung. (balisaja.com/buleleng.org) 
Di Bali, sekolah pertama didirikan pada tahun 1875 di Kota Singaraja, Buleleng, Bali Utara. Sekolah pionir itu bernama Tweede Klasse School. Ini merupakan sekolah pribumi kelas dua.

Seperti dikutip dari buleleng.org, sekolah pertama di Bali ini terletak di sebelah timur kantor Bupati Buleleng sekarang. Kini, sekolah ini telah menjadi sekolah negeri dengan nama SDN 1 Paket Agung.  

Sekolah pertama di Bali ini juga disebut-sebut turut memiliki "andil" dalam kelahiran Presiden I RI, Dr. Ir. Soekarno. Pasalnya, di sekolah inilah ayah Soekarno, Raden Soekemi Sostrodihardjo mengajar dan bertemu Ni Nyoman Rai Srimben yang rumahnya tidak jauh dari sekolah ini. Soekemi kemudian menyunting Rai Srimben. Dari perkawinan merelah kemudian lahir Soekarno. 

Sejarawan AA Gede Putra Agung dan I Nengah Musta dalam buku Sejarah Pendidikan di Bali menguraikan pada tahun 1914, Belanda juga membuka Hollands Inlandsche School (HIS) di Singaraja dan disusul di Denpasar untuk Bali Selatan pada tahun 1918. Meski sama-sama sekolah pribumi, tetapi HIS berbeda dengan Tweede Klasse School karena yang boleh masuk ke HIS hanyalah dari kalangan bangsawan, seperti keluarga raja dan punggawa. Di HIS, mereka tidak hanay diajar membaca, menulis dan berhitung, juga diberikan pelajaran bahasa Belanda dan bahasa Melayu. 

Bersamaan dengan pendirian HIS, di Buleleng juga dibuka Holandsch Chineesche School, sekolah khusus untuk orang-orang Tionghoa. Kala itu, orang-orang Tionghoa sudah cukup banyak bermukim di Singaraja dan dikenal dengan sebutan Singkeh. Mereka sejak lama berperan sebagai pedagang dan kerap juga menjadi "juru bahasa" orang Belanda kala berhubungan dengan penguasa Bali.

Di Singaraja juga didirikan Hogere Middelbare School (HMS) pertama di Bali, sejenis Sekolah Menengah Atas). Kini, sekolah ini bernama SMAN 1 Singaraja.

Dipilihnya Singaraja sebagai lokasi pendirian sekolah pertama di Bali tampaknya erat kaitannya dengan penetapan kota ini sebagai ibukota Keresidenan Bali dan Lombok oleh Pemerintah Hindia Belanda. Secara resmi Singaraja ditetapkan sebagai ibukota Keresidenan Bali dan  Lombok pada tahun 1882, tetapi sebelum itu, Singaraja sudah menjadi pusat kegiatan Pemerintah Hindia Belanda di Bali dan Lombok. (b.)

__________________________ 

Penyungting: KETUT JAGRA

COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Osa. Sinampure. Apakah dalam buku Sejarah Pendidikan di Bali ada memuat kapan SMP Negeri 1 Denpasar berbir? Mohon Informasi kepada bapak A A Gede Putra dan bapak Nengah Musna. Suksme Informasinya.

    BalasHapus
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

Nama

Bale Bengong,7,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,3,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,10,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Inilah Sekolah Pertama di Bali yang Turut "Andil" Dalam Kelahiran Soekarno
Inilah Sekolah Pertama di Bali yang Turut "Andil" Dalam Kelahiran Soekarno
http://2.bp.blogspot.com/-Sb4Du40Gunk/U2LBC1tdB1I/AAAAAAAABsg/qchbEuEeV7g/s1600/SDN+1+PAKET+AGUNG+Singaraja.JPG
http://2.bp.blogspot.com/-Sb4Du40Gunk/U2LBC1tdB1I/AAAAAAAABsg/qchbEuEeV7g/s72-c/SDN+1+PAKET+AGUNG+Singaraja.JPG
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2014/05/inilah-sekolah-pertama-di-bali.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2014/05/inilah-sekolah-pertama-di-bali.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content