Ini Rahasia di Balik Bertahannya Tradisi Membuat Gerabah di Basang Tamiang

Desa Kapal , Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dikenal sebagai pusat kerajinan sanggah dan gerabah, memang. Dari dua trade mark Desa Ka...


Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dikenal sebagai pusat kerajinan sanggah dan gerabah, memang. Dari dua trade mark Desa Kapal ini, Banjar Basang Tamiang-lah yang menonjol sebagai kompleks kerajinan gerabah yang kerap dimanfatkan untuk keperluan upacara keagaman seperti membuat coblong, cobek, caratan dan sejenisnya.

Maklum, seluruh pekarangan rumah di banjar ini pasti memiliki usaha kerajinan gerabah. Paling tidak, sebagai pekerjaan sambilan. Seolah sudah disuratkan zaman, kerajinan gerabah tetap harus hidup, mengalir dari generasi ke generasi di banjar ini.

“Tak ada yang berani sampai tidak melakukan pekerjaan ini. Minimal dalam satu pekarangan rumah ada yang menggelutinya,” tutur Ni Wayan Rini, seorang warga Basang Tamiang yang sehari-hari sebagai pengerajin gerabah.

Memang, ada semacam keyakinan di kalangan warga setempat agar mereka tiada memutus kelanjutan pekerjaan warisan leluhurnya ini. Bila tidak, petaka dipercayai akan menghampiri kehidupan keluarga mereka.

Tidaklah diketahui secara pasti dan benderang apa yang menjadi dasar keyakinan ini. Tokoh masyarakat Basang Tamiang yang juga penekun sastra, Ketut Sudarsana pun belum menemukan sumber susastra yang mendasari keyakinan warga di tempatnya itu. “Meski tanpa ada dasar susastra, warga Basang Tamiang tiada berani melanggarnya,” kata Sudarsana.

Yang jelas, karena mitos ini, kerajinan gerabah untuk keperluan upacara di Bali tetap bisa dipertahankan. Dan, di banjar Basang Tamiang inilah pertahanan itu begitu kokohnya.

Selain mitos soal kewajiban menggeluti kerajinan gerabah ini, warga Basang Tamiang juga memiliki keyakinan pekerjaan bergelut dengan lumpur tanah liat menjadi takdir mereka. Orang luar Basang Tamiang dipercaya  tidak akan bisa menggeluti pekerjaan ini. Bahkan, orang Basang Tamiang yang sudah kawin ke luar banjar ini pun tidak akan bisa menekuni pekerjaan ini di tempatnya yang baru.

Pernah terjadi, tutur Sudarsana, seorang warga Basang Tamiang yang kawin ke Mengwitani ingin mengembangkan kerajinan gerabah yang dilakoninya di Basang Tamiang. Ternyata, usaha warga itu gagal terus.

“Kalau orang luar yang sudah menjadi warga dan tinggal di Basang Tamiang dan mau menekuni profesi ini mesti mapekeling di Pura Dhalem Bangun Sakti,” imbuh Sudarsana. Pura ini berada di wilayah Banjar Basang Tamiang. Di pura inilah terdapat pelinggih Ibu Pertiwi yang menjadi tempat warga Basang Tamiang yang menggeluti pekerjaan gerabah tepekur, memohon restu untuk kesuksesan berusaha kerajinan gerabah.

Tak cuma itu, tatkala dilaksanakan piodalan di Pura Dhalem Basang Tamiang yakni Buda Wage Langkir, warga Basang Tamiang yang menggeluti usaha kerajinan gerabah akan berhenti total, beristirahat dari aktivitasnya. Mereka sepenuhnya ngayah di Pura Dhalem Bangun Sakti. Ini dilakukan selama tiga hari penuh, selama Ida Bhatara nyejer.

Menurut Sudarsana, ini semacam penghormatan dan pernyataan bhakti yang tulus kepada Ida Batara di Pura Dhalem Bangun Sakti yang telah memberikan anugerah bagi kesuksesan usaha gerabah warga Basang Tamiang. Justru, bila ada warga Basang Tamiang yang mengerjakan gerabah pada hari piodalan tersebut, petaka bakal menimpanya.

“Bila tidak terjadi kebakaran di tempat bekerja, bisa juga terjadi kecelakaan atau terjatuh dan macam-macam,” kata Sudarsana.

Begitulah usaha kerajinan gerabah Basang Tamiang yang dijaga beragam mitos. Sulit dipercaya, memang. Namun, bagi warga Basang Tamiang, itos itu adalah sebuah keyakinan. Dan, mitos ini pula yang membuat tradisi kerajinan gerabah di Basang Tamiang terjaga hingga kini. (b.)
__________________________  

Penulis: I Made Sujaya 
Foto: I Made Sujaya 
Penyunting: Ketut Jagra


COMMENTS

BLOGGER

SLOKA BALI$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=4$va=0

/fa-fire/PALING DICARI$type=one

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Ini Rahasia di Balik Bertahannya Tradisi Membuat Gerabah di Basang Tamiang
Ini Rahasia di Balik Bertahannya Tradisi Membuat Gerabah di Basang Tamiang
http://1.bp.blogspot.com/-5ao2O3Kiuq8/Us3IibyxmHI/AAAAAAAABgw/xt1V3i92ZxE/s16000/Kerajinan+gerabah+Basang+Tamiang.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-5ao2O3Kiuq8/Us3IibyxmHI/AAAAAAAABgw/xt1V3i92ZxE/s72-c/Kerajinan+gerabah+Basang+Tamiang.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2014/01/ini-rahasia-di-balik-bertahannya.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2014/01/ini-rahasia-di-balik-bertahannya.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content