Benarkah Orang Bali "Belog Ajum"?

Teks dan Foto: I Made Sujaya Saat masih hidup, tokoh Bali yang dikenal kerap berbicara vokal, Made Kembar Kerepun mengatakan orang Bal...

Teks dan Foto: I Made Sujaya

Saat masih hidup, tokoh Bali yang dikenal kerap berbicara vokal, Made Kembar Kerepun mengatakan orang Bali sangat sulit menerima kritik dari orang lain. Hal ini yang menyebabkan orang Bali sulit melakukan introspeksi diri. Sebaliknya, orang Bali sangat suka dipuji bahkan sangat suka memuji diri sendiri.

Orang Bali dalam suatu pementasan seni
Dengan karakter seperti itu menjadikan orang Bali cenderung menganggap tradisi dan budaya yang telah diwarisi dari leluhurnya dulu merupakan yang terbaik di antara tradisi yang dimiliki daerah lain. Pada akhirnya agak sulit memunculkan sikap untuk berubah. Selain itu, lantaran suka dipuji dan memuji diri sendiri, orang Bali seringkali sulit untuk objektif menilai diri sendiri.

Pengamat adat Bali, Wayan P. Windia mengatakan jika orang Bali dikatakan suka dipuji memang tidak keliru. Namun, dirinya kurang sepakat jika orang Bali dianggap belog ajum (bodoh tapi suka dipuji-puji).

“Sifat suka dipuji itu khas karakter seniman. Seniman di mana pun memang seperti itu, demen ajum (senang dipuji),” kata Windia.

Orang Bali, kata Windia, kebanyakan merupakan seniman, baik seniman tari, tabuh, melukis, matembang dan lainnya. Seniman memiliki karakter khas kreatif. Namun, menurut Windia, setiap manusia pasti memiliki karakter suka dipuji.

Sejarawan Unud, I Gede Parimarta juga sependapat dengan Windia. Jika dikatakan demen ajum, siapa pun pasti memiliki karakter seperti itu. Namun, jika dikatakan belog ajum, mesti didiskusikan kembali tudingan itu.

“Memang benar ada orang-orang Bali yang belog ajum. Akan tetapi, jika menyatakan sebagian besar orang Bali seperti itu tentu kurang tepat,” kata Parimarta.

Dosen Antropologi Universitas Udayana, IBG Pujaastawa menyatakan bukan semua orang Bali demen ajum. Pasalnya, hingga kini masih ada warisan nilai-nilai yang hingga kini masih dijadikan pegangan hingga kini yakni eda ngaden awak bisa, tidak menganggap diri bisa. Dari sinilah kemudian lahir karya seni di Bali, seperti tarian, tabuh atau pun karya sastra yang tidak mencantumkan nama pengarang atau pembuatnya.

“Hingga kini kita masih menemukan banyak lontar dengan kualitas kandungan sastra yang tinggi tetapi tidak diketahui pengarangnya. Ini membuktikan tidak semua orang Bali demen ajum,” kata Pujaastawa.

Namun, Pujaastawa mengingatkan pentingnya orang Bali untuk tidak sampai lupa diri karena senantiasa dipuja-puji orang. Dalam persaingan global yang semakin ketat yang disertai serbuan kapitalisme dan konsumerisme yang sangat kuat, orang Bali mesti senantiasa menyadari posisi dan potensinya serta bisa cerdas dan cerdik menyikapi perkembangan yang terjadi.


“Sikap lupa diri karena pujian atau pun membiarkan diri terperosok dalam karakter suka memuji-muji diri sendiri, menghilangkan kemungkinan untuk jernih melihat kenyataan yang terjadi,” tandas Pujaastawa. (b.)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Bale Bengong,7,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,3,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,10,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Benarkah Orang Bali "Belog Ajum"?
Benarkah Orang Bali "Belog Ajum"?
http://1.bp.blogspot.com/-Hd9d8qi_fP4/UoQdODOur6I/AAAAAAAABbk/yRLvz0hR4dQ/s400/Orang+Bali+dalam+pentas+seni.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-Hd9d8qi_fP4/UoQdODOur6I/AAAAAAAABbk/yRLvz0hR4dQ/s72-c/Orang+Bali+dalam+pentas+seni.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2013/11/benarkah-orang-bali-belog-ajum.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2013/11/benarkah-orang-bali-belog-ajum.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content