Perempuan Bali dan Cermin Tiga Dewi

* Renungan Hari Kartini TENTU bukan sesuatu kebetulan belaka dalam ajaran Hindu yang dipuja sebagai sumber ilmu pengetahuan adalah seorang...


* Renungan Hari Kartini

TENTU
bukan sesuatu kebetulan belaka dalam ajaran Hindu yang dipuja sebagai sumber ilmu pengetahuan adalah seorang dewi (Dewi Saraswati). Bukan tanpa alasan pula jika yang dipuja sebagai sumber kemakmuran juga seorang dewi (Dewi Sri). Dan, pasti bukan tanpa makna yang dipuja sebagai sumber kebahagiaan adalah seorang dewi (Dewi Laksmi).
Inilah bentuk pengakuan dan penghormatan tradisi Bali dan ajaran Hindu kepada sosok bertanda perempuan. Bahwa perempuan merupakan pendidik pertama dan utama dalam kehidupan. Bahwa perempuan merupakan sumber kemakmuran. Bahwa perempuan merupakan penyebab kebahagiaan.
Bahkan, seorang perempuan juga merupakan pemimpin yang pertama dan utama. Tatkala menjadi istri, perempuan sering disebut sebagai pramiswari (permaisuri). Kata pramiswari berasal dari kata parama yang artinya 'pertama' atau 'utama' dan isawari artinya 'pemimpin'.


Begitu mulianya posisi perempuan dalam ajaran Hindu. Karenanya, dalam susastra-susastra Hindu maupun Bali, perempuan sering disebutkan menentukan nasib suatu bangsa. Jika dalam suatu bangsa perempuan dihormati, maka bangsa tersebut mencapai kebahagiaannya. Sebaliknya, jika dalam suatu bangsa perempuan direndahkan, bangsa itu tidak akan pernah mencapai kebahagiaan.
Namun, semua ini juga menjadi pesan berharga bagi seorang perempuan. Bahwa perempuan seyogyanya memang bercermin pada ketiga dewi tersebut. Untuk bisa menjadi pendidik yang baik bagi anak-anaknya, seorang perempuan patutlah senantiasa dekat dengan ilmu pengetahuan, dengan sastra. Jika seorang perempuan ingin menjadi sumber kemakmuran bagi keluarganya, dia mestilah menguasai kemampuan manajemen kesejahteraan keluarga. Kalau perempuan ingin merasakan dihargai sebagai sumber kebahagiaan dalam keluarganya, dia mestilah menjadikan dirinya ada dan dirasakan dalam keluarganya. Seorang perempuan mesti mampu memberikan kesejukan dalam keluarga.
Ini bukanlah serentetan tuntutan bagi kaum perempuan hingga justru dipandang sebagai upaya menyerahkan seluruh beban kepada perempuan. Akan tetapi, semua ini merupakan sebuah renungan bagi kaum perempuan betapa mulia sekaligus beratnya posisinya sebagai perempuan.
Dan memang, pilihan menjadi perempuan sungguh tidak mudah. Perempuan adalah pengampu dunia, pengasuh jagat raya. Tugas yang sangat tidak ringan. Namun, pada tugas berat itu pula, kemuliaan perempuan dikukuhkan. Karena itu, jangan pernah menyesal menjadi perempuan. * Sujaya

COMMENTS

BLOGGER

SLOKA BALI$type=blogging$m=0$cate=0$sn=0$rm=0$c=4$va=0

/fa-fire/PALING DICARI$type=one

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Perempuan Bali dan Cermin Tiga Dewi
Perempuan Bali dan Cermin Tiga Dewi
http://2.bp.blogspot.com/-u1kjtrHgiA4/TbKKNNZRo_I/AAAAAAAAAoA/sHG71YD-KUA/s320/Perempuan%2BBonyoh.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-u1kjtrHgiA4/TbKKNNZRo_I/AAAAAAAAAoA/sHG71YD-KUA/s72-c/Perempuan%2BBonyoh.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2011/04/perempuan-bali-dan-cermin-tiga-dewi.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2011/04/perempuan-bali-dan-cermin-tiga-dewi.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content