Foto Bertiga bisa Celaka?

Pantang Berfoto Bertiga, Mitos Bali

Saat Umanis Galungan baru-baru ini, Wayan Tuwah Aukud mengajak keluarganya malali (liburan) ke Kebun Raya Bedugul, Tabanan. Selain istri dan putri semata wayangnya, Wayan juga mengajak ayah dan ibunya. Setelah seharian bersembahyang keliling pura di hari Galungan, Wayan ingin mengajak keluarganya bersantai ria, menikmati sejuknya hawa Kebun Raya Bedugul.


Seperti lazimnya orang berlibur, Wayan pun tak lupa membawa kamera saku digital untuk mengabadikan momen-momen menarik selama malali. Wayan memang selalu ingat dengan benda yang satu itu. Menurut Wayan, setiap momen kebersamaan dengan keluarga pantas untuk diabadikan.

Begitu tiba di Bedugul, Wayan sudah jeprat sana, jepret sini. Putrinya yang baru duduk di kelas IV SD itu tiada henti disuruhnya berpose di depan kamera, lalu dijepretnya. Semua yang menyaksikan ikut senang. Apalagi ulah Putu Diantini –begitu nama putri Wayan—bergaya di depan kamera cukup lucu.

Sampailah kemudian saat Putu Diantini ingin berpose diapit oleh kakek dan neneknya. Tentu saja kakek dan nenek itu girang ingin berfoto bersama cucu kesayangannya. Namun, baru saja Wayan hendak menjepretkan kamera, istrinya, Nyoman Nuratni berteriak, “Jangan!”

“Lo, kenapa, Man?” tanya Wayan.


“Tak boleh berfoto bertiga,” kata Nyoman. 

“Memangnya kenapa?” Wayan penasaran. 

“Yang berada di tengah-tengah bisa celaka,” ujar Nyoman. 

“Ah, itu hanya tahyul,” tepis Wayan. 

Ayah dan ibu Wayan terpengaruh dengan apa yang dikatakan menantunya. Mereka pun menolak difoto bertiga. 

“Betul itu, Yan. Tak boleh berfoto bertiga. Bapa juga pernah dengar begitu,” ujar sang Ayah dengan mimik serius. 

“Kalau gitu tak jadi dong ambil fotonya?” tanya Wayan. 

“Jadi, tapi jangan bertiga. Kita berlima saja. Ayah, ibumu, kamu, istrimu dan Putu. Suruh orang lain menjepretkan kameranya,” saran sang Ayah. 

Namun, belum niat untuk berfoto berlima itu dilaksanakan, putri Wayan sudah keburu menangis. Dia tak mau berfoto berlima. Dia ngotot minta difoto dengan diapit kakek dan neneknya. 

“”Pokoknya Putu mau difoto diapit kakek ama nenek,” kata Putu dengan tampang cemberut. 

“Tapi, kata kakek dan ibu, tak boleh berfoto bertiga. Nanti Putu yang ada di tengah-tengah bisa celaka,” bujuk sang Ayah. 

“Celaka gimana? Masa Cuma berfoto bisa celaka? Putu nggak percaya. Bapak bohong,” kata Putu tak percaya. 

Agar tak terus-terusan ngambek, Wayan pun mau menuruti keinginan putrinya itu. Namun, Wayan menyiasati dengan menjepretkan kamera saat ada seseorang melintas di belakang putrinya dan kedua orang tuanya. 

Begitu hasilnya dilihat di kamera, Putu kembali ngambek. Pasalnya, dilihat ada orang lewat di belakangnya. Putu ingin difoto ulang. 

Wayan saling pandang dengan ayah, ibu dan istrinya. Mereka diliputi rasa waswas karena takut putrinya akan celaka setelah difoto bertiga. 

Namun, demi mencegah putrinya ngambek kembali, Wayan kembali memfoto putrinya bersama kedua orangtuanya. Sayangnya, begitu akan memencet tombol klik, ternyata kameranya macet. Baterai kamera pun dibuka lalu dipasang lagi, tetapi kamera tetap tak bisa dijepretkan. 

“Wah, kameranya rusak, Tu,” kata Wayan. 

Dengan wajah cemberut, Putu mengambil kamera itu dari tangan ayahnya. Dia ingin tahu bahwa kamera itu memang benar-benar rusak. Setelah membolak-balik sendiri, Putu pun percaya kamera itu rusak. 

“Yah, nggak jadi deh fotonya. Nanti aja ya, Pak,” kata Putu setengah kecewa. 

Wayan juga penasaran mengapa kameranya tiba-tiba macet. Dia pun bertanya dalam diri, “Mungkinkah karena memang tak boleh berfoto bertiga?” Namun, dalam hati dia merasa plong. Dia merasa seperti baru saja terbebas dari bayang-bayang bahaya. (b.)
_______________________________ 

Penulis: Nyoman Samba 
Foto: I Made Sujaya 
Penyunting: I Made Sujaya

KOMENTAR

BLOGGER: 2
  1. Jadi kesimpulannya apa pak? boelh apa tidak berfoto bertiga? mohon pencerahannya.. karena saya juga sering dengar seperti itu.. tapi saya sering pula berfoto bertiga, swaha tidak terjadi apa apa.. :D

    BalasHapus
  2. Ceritax ngantung...blm ada pnjelsann dr penulis boleh apa gak...penulis mohn dijlskn..suksme...

    BalasHapus
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

Nama

Bale Bengong,21,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,8,Bali Hari Suci,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,59,BALI JANI,266,Bali Kui,18,Bali Lango,2,BALI OPINI,8,Bali Pariwara,12,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Spiritual,3,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,147,Bali Unik,2,BALI WISATA,12,BALINESIA,1,Balu Kui,1,Boga Bali,3,Buda Wage Kelawu,2,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,9,Dresta Bali,16,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,2,Nak Bali,25,Nyama Braya,14,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,10,Resensi,5,Sarwa Prani,7,SASULUH,7,Segara Giri,17,Sima Dresta,27,Sloka Bali,12,Ulasan,5,Wali Bali,15,WISATA DESA,4,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Foto Bertiga bisa Celaka?
Foto Bertiga bisa Celaka?
Pantang Berfoto Bertiga, Mitos Bali
http://4.bp.blogspot.com/-xk_fiETY9iU/TX9BQixsd5I/AAAAAAAAAng/eQ0bw-C9-_M/w589-h442/DSCN0012.JPG
http://4.bp.blogspot.com/-xk_fiETY9iU/TX9BQixsd5I/AAAAAAAAAng/eQ0bw-C9-_M/s72-w589-c-h442/DSCN0012.JPG
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2011/03/foto-bertiga-bisa-celaka.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2011/03/foto-bertiga-bisa-celaka.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Artikel Tidak Ditemukan TAMPILKAN SEMUANYA Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Seluruhnya REKOMENDASI UNTUK ANDA LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda Cari Tidak Ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content