"Sasih Kadasa" dan "Sasih Kapat", Hari Baik untuk "Nganten"

Upacara pernikahan di sebuah keluarga Bali. Jika memungkinkan, pelaksanaan upacara pernikahan sebaiknya memilih hari terbaik. Dengan pemilih...

Upacara pernikahan di sebuah keluarga Bali.

Jika memungkinkan, pelaksanaan upacara pernikahan sebaiknya memilih hari terbaik. Dengan pemilihan hari yang paling baik, diharapkan bisa memberikan pengaruh pada pelaksanaan upacara sehingga harapan tentang perkawinan yang langgeng, bahagia, dikaruniai banyak anak bisa terwujud. 

Bila Anda tidak terburu-buru, tidak ada salahnya menunggu sasih Kadasa (bulan ke sepuluh dalam kalender Bali, sekitar bulan April) untuk melangsungkan pernikahan. Pasalnya, dalam tradisi padewasan (hari baik-buruk melakukan sesuatu) Bali, Sasih Kadasa dinilai sebagai saat yang paling baik untuk melaksanakan upacara pernikahan.

Penekun wariga yang juga penyusun kalender Bali, I Gede Marayana mengungkapkan ada lima sasih yang dianggap baik untuk melaksanakan upacara pernikahan. Keempat sasih itu yakni Katiga, Kapat, Kalima, Kapitu dan Kadasa. Namun, ada juga yang menyebut sasih Katiga itu kadang-kadang baik, kadang-kadang buruk untuk melangsungkan pernikahan.

Jika menikah pada sasih Katiga diyakini akan dikaruniai banyak anak (bala putra). Jika pada sasih Kapat dipercaya bisa kaya raya (sugih rendah). Sementara jika memilih menikah pada sasih Kalima diyakini tidak akan kekurangan sandang pangan (kasidhanan amertha). Jika memilih menikah pada sasih kapitu dipercaya bisa berumur panjang (rahayu dirgayusa). Sementara jika memilih menikah pada sasih Kadasa diyakini bisa menikmati kesenangan dan kegembiraan sepanjang hidup (sukawinaya).

Di antara semua sasih itu, sasih Kadasa dianggap yang paling baik. Sasih Kadasa dinilai sebagai hari ayu nulus, baik untuk segala kegiatan.

Namun, dosen Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar, IB Putra Manik Aryana, S.S., mengingatkan agar pelaksanaan upacara pawiwahan pada sasih-sasih tadi juga dilengkapi dengan memilih pada hari penanggal (hari-hari setelah Tilem atau bulan mati) bukan panglong (hari-hari setelah Purnama atau bulan terang). Alasannya, saat hari-hari penanggal, bulan berkembang keadaannya dari redup menuju terang. Hal ini dipandang sangat baik sebagai saat melangsungkan upacara pernikahan karena pernikahan diharapkan bisa menerbitkan kebahagiaan, kesenangan, kegembiraan dan kerahayuan dalam keluarga seperti halnya cahaya terang bulan.

Di antara hari-hari sepanjang penanggal itu, menurut Wayan Simpen AB dalam buku Pelajaran Dewasa (Wariga), penanggal 10 diyakini sebagai hari paling baik (selamat walafiat, banyak kesenangan dan kebahagiaan). Sementara hari-hari lainnya yang juga dianggap baik yakni penanggal (mendapat kekayaan, sayang bersuami istri), penanggal 3 (banyak kesenangan, bahagia), penanggal 5 (cukup mendapat kesenangan), penanggal 7 (amat bahagia, kaya tak kurang suatu apa pun).

Selain berdasarkan sasih dan penanggal/panglong, hari baik untuk melaksanakan upacara pernikahan juga bisa ditentukan berdasarkan saptawara (hari-hari sepanjang satu pekan). Di antara tujuh hari dalam saptawara, Buda (Rabu) dianggap paling baik. Jika memilih hari Rabu, diyakini pasangan pengantin akan dikarunai banyak putra.

Namun, hari-hari lain juga dianggap baik yakni Soma (Senin) karena diyakini akan mendapat kesenangan. Whraspati (Kamis) juga dinilai baik karena diyakini pasangan pengantin akan dikasihi orang. Selain itu, Sukra (Jumat) juga dianggap baik karena pasangan bisa senang, dan berwibawa. (b.)
_________________________ 
Penulis: I Made Sujaya 
Foto: I Made Sujaya 
Penyunting: Ketut Jagra

COMMENTS

BLOGGER: 1
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

Nama

Bale Bengong,5,BALI ADVERTORIAL,25,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,56,BALI JANI,259,Bali Legenda,2,Bali Mawacara,7,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,4,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,166,Bali Unik,3,BALI WISATA,16,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Desa Mawacara,13,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,3,Nyama Braya,11,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Sarwa Prani,3,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Bali,20,Timpal,10,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com: "Sasih Kadasa" dan "Sasih Kapat", Hari Baik untuk "Nganten"
"Sasih Kadasa" dan "Sasih Kapat", Hari Baik untuk "Nganten"
https://1.bp.blogspot.com/-yqc9GSQSD4Y/YKCLGiK7yPI/AAAAAAAAXgs/jSJnNus1fSES0gFMh1GY4De_-5yrwMg4ACLcBGAsYHQ/w640-h432/Nganten-01.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-yqc9GSQSD4Y/YKCLGiK7yPI/AAAAAAAAXgs/jSJnNus1fSES0gFMh1GY4De_-5yrwMg4ACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h432/Nganten-01.jpg
balisaja.com
https://www.balisaja.com/2008/11/sasih-kadasa-dan-sasih-kapat-hari-baik.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2008/11/sasih-kadasa-dan-sasih-kapat-hari-baik.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Tidak ditemukan artikel yang cocok Lihat Semua Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Beranda Halaman Artikel Lihat Semua Disarankan untuk Anda Label Arsip Telusuri Semua Artikel Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content