Warga Budaga Pantang Pelihara Kuda

Desa Budaga Klungkung, Pantangan Memelihara Kuda


Warga Desa Pakraman Budaga, Klungkung hingga kini tiada berani memelihara kuda. Tak diketahui secara jelas penyebabnya. Namun, cerita lisan yang berkembang menyebutkan adanya ancangan sesuhunan (para penjaga desa yang tak tampak oleh mata telanjang) di desa ini ada yang berwujud kuda sehingga warga tiada diperkenankan memelihara kuda lagi.

Cukup unik, memang. Desa yang terletak di tengah kota ini, sekitar 1 km arah barat kota Semarapura, ternyata masih menyimpan kepercayaan semacam itu.

Seperti halnya di desa-desa lainnya yang berpantang memelihara hewan tertentu, pantangan memelihara kuda di Budaga juga tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Warga setempat hanya mewarisi cerita turun-temurun dari pendahulunya bahwa ancangan sesuhunan Ida Batara di desa tersebut ada yang berwujud kuda, sehingga warga tiada dibolehkan memelihara hewan tersebut.


“Hanya begitu yang kami ketahui dari penuturan para penglingsir (tokoh tua desa). Kalau ditanya alasan pasti dan ilmiahnya, kami sendiri juga belum menemukannya,” kata Penglingsir Desa Budaga, I Wayan Bawa.


Konon, apabila ada warga Budaga yang memelihara kuda di rumahnya bisa terkena bahaya. Paling tidak, kuda yang dipelihara akan rusuh. Malah, si pemilik bisa jatuh sakit.


Pernah suatu kali, seperti diceritakan salah seorang Kelian (ketua adat) Desa Pakraman Budaga, I Nengah Deresta, ada salah seorang warga Budaga yang memelihara kuda. Si pemilik memelihara kuda untuk digunakan menarik dokar.


“Namun, kuda yang dipelihara di rumahnya itu tidak tenang, selalu meloncat-loncat dan meringkik tiada putus. Kuda tersebut lama-kelamaan mati,” tutur Deresta.


Setelah kejadian itu, warga Budaga kemudian diingatkan kembali tentang tutur para tetua desa di masa lalu mengenai pantangan memelihara kuda. Pengalaman buruk salah seorang warga itu meyakinkan warga Budaga bahwa secara niskala mereka memang tak dibolehkan memelihara kuda.


Sulit diterima akal sehat, memang, munculnya pantangan memelihara kuda di Desa Budaga ini. Namun kenyataannya manakala ada warga yang memelihara kuda, kejadian buruk memang terjadi. Ini seolah memperkuat keyakinan bahwa pantangan itu memang dititahkan secara niskala.


Akan tetapi, ada yang menyebut trauma atas kejadian gagalnya memelihara kuda yang dialami warga itulah yang memunculkan keyakinan warga untuk tidak memelihara hewan tersebut. Dari rasa trauma itulah kemudian menguat menjadi keyakinan yang selanjutnya diwariskan secara turun-temurun. (b.)
______________________________ 

Penulis: I Made Sujaya 
Foto: I Made Sujaya 
Penyunting: Ketut Jagra

KOMENTAR

BLOGGER
Nama

Bale Bengong,21,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,8,Bali Hari Suci,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,59,BALI JANI,266,Bali Kui,18,Bali Lango,2,BALI OPINI,8,Bali Pariwara,12,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Spiritual,3,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,147,Bali Unik,2,BALI WISATA,12,BALINESIA,1,Balu Kui,1,Boga Bali,3,Buda Wage Kelawu,2,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,9,Dresta Bali,16,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,2,Nak Bali,25,Nyama Braya,14,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,10,Resensi,5,Sarwa Prani,7,SASULUH,7,Segara Giri,17,Sima Dresta,27,Sloka Bali,12,Ulasan,5,Wali Bali,15,WISATA DESA,4,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Warga Budaga Pantang Pelihara Kuda
Warga Budaga Pantang Pelihara Kuda
Desa Budaga Klungkung, Pantangan Memelihara Kuda
http://3.bp.blogspot.com/_vbTJAqnzRlk/R1trM3iyOhI/AAAAAAAAAMQ/sJo8mnjkblA/s400/Pura+Puseh-Bale+Agung+Budaga.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_vbTJAqnzRlk/R1trM3iyOhI/AAAAAAAAAMQ/sJo8mnjkblA/s72-c/Pura+Puseh-Bale+Agung+Budaga.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2007/12/warga-budaga-pantang-pelihara-kuda.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2007/12/warga-budaga-pantang-pelihara-kuda.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Artikel Tidak Ditemukan TAMPILKAN SEMUANYA Selengkapnya Balas Batalkan Balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat Seluruhnya REKOMENDASI UNTUK ANDA LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Artikel yang Anda Cari Tidak Ditemukan Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu Lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content