Daun Ungu: Pembasmi Ambeien dan Sarana Banten Sakaruna

Daun Ungu

Don temen atau daun ungu (Graptophyllum pictum Griff) kerap dimanfaatkan masyarakat Bali dalam pembuatan banten. Misalnya, untuk membuat banten pesucian, sakaruna, perangkatan, sam-sam, sesarik dan sejumlah banten lainnya.

Namun, jarang yang tahu, daun ungu juga bisa dimanfaatkan untuk obat. Flora dari jenis tumbuhan perdu ini memiliki kandungan kimia seperti alkohol, pektin dan asam formiat yang cukup berkhasiat untuk pengobatan. 

Untuk obat ambeien misalnya, daun ungu terbilang cukup mujarab. Caranya, ambil 3-7 lembar daun ungu dan adas pulawaras. Rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Setelah itu airnya disaring dan diminum sekali setiap pagi hari secara teratur.


Bagi Anda yang mengalami masalah buang air seni tidak lancar, daun ungu juga bisa membantu. Ambil 1-2 genggam daun ungu serta adas pulawaras. Semua bahan itu ditumbuk sampai benar-benar halus. Hasil tumbukan itu dioleskan pada bagian perut seperti layaknya param.

Haid yang tidak lancar juga bisa diatasi oleh daun ungu ini. Caranya, daun ungu dikeringkan dan ambil sekitar tiga sendok. Daun ungu itu kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas saja. Setelah itu disaring dan diminum tiga hari menjelang datang bulan.


Bukan hanya itu, reumatik atau encok juga bisa disembuhkan dengan daun yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama demung, tulak dan wungu ini. Cara pengolahannya pun sangat sederhana. 1-2 genggam daun ungu ditumbuk sampai halus dan oleskan pada bagian yang sakit sebagai param.


Anda mengalami sakit bisul yang sangat menyiksa? Cobalah menggunakan daun ungu sebagai obat. Ambil dua lembar daun ungu dan minyak kelapa secukupnya. Daun ungu itu kemudian dioleasi minyak kelapa dan panggang di atas api. Dalam keadaan hangat, tempelkan daun ungu itu pada bagian yang sakit.


Begitulah beberapa khasiat daun ungu untuk kesehatan Anda. Akan tetapi, sebelum meracik daun ungu sebagai obat, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan orang yang memang menguasai bidang pengobatan tradisional. Dengan begitu, kekeliruan dalam pengobatan bisa dihindari.


Yang paling penting, daun ungu ini patut Anda tanam di taman di pekarangan rumah. Pasalnya, tanaman ini memiliki fungsi ganda, baik sebegai tanaman banten atau pun tanaman obat.


Daun ungu memiliki batang tegak dengan tinggi hanya mencapai tiga meter. Biasanya tumbuh liar di pedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias. Daun ungu cocok tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut. (b.)
_________________________ 

Penulis: Nyoman Samba 
Foto: Nyoman Samba 
Penyunting: I Made Sujaya

COMMENTS

BLOGGER: 6
  1. Info yang bermanfaat,
    Mampir donk,
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Sekarang sudah ada "GRAPTOLIN" daun ungu yang dikemas dalam bentuk kapsul, lebih praktis dan lebih berkhasiat karena sudah dipilih sari-sarinya. Dapatkan produknya hanya di: http://yasmin-herbal.blogspot.com?

    BalasHapus
  3. Info bagus, kalo biza sertakan gambar tanaman yang dimaksud. Terima kasih (Yeremia Suebu - Papua)

    BalasHapus
  4. saya juga memgalami wasir apakah ada kemungkinan seorang yang memgalami penyakit ini akan sembuh.dan apakah jika seseorang sudah mengalamin penyakit ini (wasir)yng keluar benjolan bisa gak untuk tidak di opersi apa lagi benjolan itu mau ada 2.
    terima kasih

    BalasHapus
  5. Semoga tanaman obat di Indonesia banyak yang memanfaatkan untuk mencegah & menyembuhkan penyakit... Kunjungi blog saya Tanaman Obat Tradisional tentang berbagai macam tanaman obat.

    BalasHapus
  6. Terimakasih banyak atas informasinya..!
    salam kenal dan semoga sukses. . .
    Apakah ini bisa mengobati penyakit ambeien secara tuntas?

    BalasHapus
Terima kasih atas kesediaan Anda menulis komentar yang santun.

Nama

Bale Bengong,8,BALI ADVERTORIAL,25,Bali Aga,7,BALI FIGUR,20,Bali Hari Suci,7,Bali Herbal,3,Bali Hijau,2,Bali Iloe,60,BALI JANI,265,Bali Merawat Bumi,1,Bali Merenung,6,BALI MITOLOGI,2,BALI OPINI,12,Bali Pariwara,12,Bali Pujangga,1,Bali Pustaka,3,Bali Realita,2,Bali Sastra,1,Bali Simbol,2,Bali Spiritual,5,Bali Tempat Suci,2,Bali Terkini,5,Bali Tradisi,163,Bali Unik,3,BALI WISATA,15,BALINESIA,1,Boga Bali,2,Buda Wage Kelawu,3,Buku Bali,6,Cakepan,6,Cerpen,4,Desa Mawacara,21,Dewasa Ayu,6,Dresta Bali,13,EKONOMI,1,Hari Soma Ribek,2,Keto Kone,4,Legenda Bali,3,Nyama Braya,12,Oka Rusmini,2,POLITIK,6,Puisi,4,Rerahinan,1,Sarwa Prani,4,SASULUH,4,Segara Giri,13,SEMETON,4,Sima Dresta,27,Sloka Bali,11,Timpal,10,Ulasan,3,Wali Bali,16,Widya Pataka,5,Wija Kasawur,4,WISATA DESA,5,Wisata Kuliner,1,
ltr
item
balisaja.com - Bernas dan khas Bali: Daun Ungu: Pembasmi Ambeien dan Sarana Banten Sakaruna
Daun Ungu: Pembasmi Ambeien dan Sarana Banten Sakaruna
Daun Ungu
http://1.bp.blogspot.com/-mJ6gzBPE40o/US8N60uqIzI/AAAAAAAAAuY/nRJ2gaWT-jk/s400/Daun+Ungu.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-mJ6gzBPE40o/US8N60uqIzI/AAAAAAAAAuY/nRJ2gaWT-jk/s72-c/Daun+Ungu.jpg
balisaja.com - Bernas dan khas Bali
https://www.balisaja.com/2007/12/daun-ungu-pembasmi-ambeien.html
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/
https://www.balisaja.com/2007/12/daun-ungu-pembasmi-ambeien.html
true
7771212736280013593
UTF-8
Loaded All Posts Mohon maaf, tidak ditemukan artikel yang cocok LIHAT SEMUA Baca Lengkap Balas Batalkan Balasan HAPUS Oleh BERANDA HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA Disarankan untuk Anda LABEL ARSIP TELUSURI SEMUA ARTIKEL Mohon maaf, tidak ada artikel yang sesuai pencarian Anda Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content