Terkini

Portal  balisaja.com diasuh oleh I Made Sujaya. Dia mulai aktif di dunia blog pada tahun 2007. Lelaki kelahiran Desa Kusamba, Klungkung, Bali ini pertama kali mengelola blog Pojok Bali pada 9 November 2007 yang mendapat respons cukup menggembirakan. Mulai 27 Februari 2013, Pojok Bali pun disempurnakan lagi menjadi balisaja.com. Selain balisaja.com, Sujaya juga mengasuh kutane.com yang khusus mengulas informasi dan referensi seputar kawasan Badung Selatan, serta jagadkata.com yang khusus membahas seputar bahasa, sastra, jurnalistik, penulisan kreatif dan blog. 

Selain sebagai bloger, Sujaya meliput dan menulis untuk harian DenPost (kelompok media Bali Post) yang terbit di Denpasar sebagai freelancer. Tapi, tulisan-tulisannya juga dimuat di Bali Post serta The Jakarta Post. Tahun 2006—2012, Sujaya juga menjadi staf redaksi Bali Orti, lembaran berbahasa Bali di Bali Post Minggu. Sujaya mengawali terjun ke dunia jurnalistik saat masih duduk di bangku SMP dengan menjadi koresponden tabloid pelajar Wiyata Mandala.

Buku pertamanya, Sepotong Nurani Kuta: Catatan Seputar Sikap Warga Kuta dalam Tragedi 12 Oktober 2002 yang terbit tahun 2004 menjadi satu di antara sedikit buku mengenai Tragedi Bom Bali yang ditulis jurnalis Bali. Tahun 2007, Sujaya menerima penghargaan Widya Pataka dari Gubernur Bali untuk buku kedua, Perkawinan Terlarang: Pantangan Berpoligami di Desa-desa Bali Kuno. Kini, dia ditunjuk sebagai salah seorang kurator penghargaan tahunan itu bersama pengarang dan wartawan senior Gde Aryantha Soethama, Mas Ruscitadewi dan Wayan Ananta Wijaya.

Sejak tahun 2007, Sujaya mengajar jurnalistik, penulisan kreatif dan sastra di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bali sebagai dosen tetap yayasan serta di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Udayana (Unud) sebagai dosen tidak tetap. 


Kontributor

Anda juga bisa menjadi kontributor balisaja.com dengan mengirimkan tulisan atau pun laporan seputar Bali. Tulisan dan laporan mesti sesuai dengan karakteristik balisaja.com.  Tulisan atau laporan yang dimuat akan diberikan penghargaan selayaknya sesuai kemampuan pengelola. 

Tulisan kontributor bisa dikirimkan ke: portalbalisaja@gmail.com. (b.)

2 komentar:

  1. mantap niki, sebagai pemuda bali yang patut diteladan

    BalasHapus
  2. Salut! sangat salut dan terus berkreatifitas dan berkarya menginformasikan yang patut diinformasikan dengan benar

    BalasHapus

balisaja.com Desain Templateism.com Hak Cipta © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.