Terkini

Bali United Tantang Tampines Rovers Besok, Begini Statistik dan Prediksinya


Bali United FC memulai laga resminya dalam ajang kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) menantang klub Singapura, Tampines Rovers FC. Serdadu Tridatu sendiri sudah tiba di Singapura, Minggu (12/1) kemarin. Pelatih BUFC, Stefano “Teco” Cugurra optimistis bisa memenangi laga yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (14/1) pukul 19.30 waktu Singapura (pukul 19.30 wita).




Namun, seperti dilansir situs resmi Bali United FC, dalam ajang kualifikasi LCA ini, Teco tidak menjadi pelatih kepala. Manajemen mendaftarkan Emral Abus sebagai pelatih kepala karena Teco, menurut CEO Bali United, Yabes Tanuri, “ada sedikit persoalan dari lisensi kepelatihan Coach Teco yang membuat secara administrasi tidak bisa didaftarkan sebagai pelatih kepala”. Kendati begitu, secara teknis permainan tetap menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Teco.

Bali United memboyong 20 pemainnya ke Singapura. Berikut daftar pemain Bali United yang dibawa ke Singapura.

Kiper

Wawan Hendrawan
Nadeo Argawinata

Belakang

Andhika Wijaya
Leonard Tupamahu
Ricky Fajrin
Willian Pacecho
Haudi Abdillah
Gavin Kwan

Gelandang

Fadil Sausu
Brwa Nouri
Paulo Sergio
Taufiq
Sidik Saimima
Hariono

Penyerang

Melvin Platje
Yabes Roni
Stefano Lilipaly
Fahmi Al Ayyubi
Lerby Elyandri
M Rahmat

Kemenangan memang menjadi satu-satunya jalan bagi Bali United jika ingin melanjutkan perjuangannya di ajang kompetisi kasta tertinggi antarklub di Asia itu. Apabila berhasil mengalahkan Tampines Rovers, Bali United sudah ditunggu wakil Australia, Melbourne Victory, pada 21 Januari 2020 di AAMI Park, Melbourne.

Pertemuan Bali United dengan Tampines Rovers besok merupakan yang kedua kali. Pada ajang serupa tahun 2018, Tampines Rovers bertamu ke Stadion Dipta pada 16 Januari 2018. Saat itu, Bali United yang ditukangi Widodo Cahyono Putro mencukur telak Tampines Rovers dengan skor 3-1. Sayangnya, langkah Bali United terhenti di Liga Champions Asia setelah takluk 2-1 dari Chiangrai United pada 23 Januari 2018. Bali United kemudian berlaga dalam ajang AFC Cup tapi memetik hasil kurang memuaskan karena menjadi juru kunci grup G dengan hanya meraih 5 poin.

Kendati dari segi sejarah pertemuan kedua tim (head to head), Bali United lebih unggul, tentu perjuangan Serdadu Tridatu tidak akan mudah. Selain karena harus bermain di kandang Tampines Rovers, statistik lima pertandingan terakhir Bali United terlihat kurang meyakinkan. Bali United menderita tiga kekalahan, sekali seri dan sekali meraih kemenangan dalam lima laga terakhir Liga 1. Bahkan, kekalahan juga dialami Bali United saat laga terakhir menghadapi Madura United yang sekaligus menjadi ajang pesta juara di Stadion Dipta, 22 Desember 2019. Hanya memang, dalam empat laga terakhir Liga 1, Bali United menurunkan skuad lapis kedua. Sejumlah pemain inti diliburkan.

Berikut hasil lima laga Terakhir Bali United

2 Desember 2019        : Semen Padang FC (0) – (2) Bali United FC
8 Desember 2019        : Bali United FC (1) – (1) Perspura
12 Desember 2019      : Bali United FC (0) – (1) PS Tira Persikabo
16 Desember 2019      : Arema FC (3) – (2) Bali United FC
22 Desember 2019      : Bali United (0) – (2) Madura United

Sebaliknya, Tampines Rovers yang merupakan juara kedua (runner up) Liga Primer Singapura 2019 memiliki catatan impresif. Lima pertandingan terakhir, Tampines Rovers menyapu bersih kemenangan.

Berikut hasil lima laga terakhir Tampines Rovers

19 Oktober 2019         : Balestier (0) – (2) Tampines Rovers
23 Oktober 2019         : Tampines Rovers (3) – (0) Home United
26 Oktober 2019         : Tampines Rovers (2) – (0) Geyland
30 Oktober 2019         : Geylang (1) – (2) Tampines Rovers
2 November 2019       : Tampines Rovers (4) – (3) Warriors

Namun, seperti halnya Teco, para pendukung Bali United masih optimistis tim kebanggaan Pulau Bali ini akan memenangi laga melawan Tampines Rovers. Komposisi terbaru skuad dengan masuknya sejumlah pemain berkualitas dan berpengalaman menjadi alasan optimisme itu. Sementara pemain utama Bali United saat merengkuh gelar juara Liga 1 masih dipertahankan. Perpaduan pemain lama dan baru itu membuat kedalaman tim Serdadu Tridatu semakin meyakinkan.

Salah seorang pemain Bali United, Stefano Lilipaly yang baru berulang tahun ke-30 pada 10 Januari 2020 lalu menyebut kehadiran beberapa pemain baru menjadi kekuatan baru bagi timnya. Dia menyebut mayoritas dari rekan-rekannya yang baru bergabung itu sebagai pemain berpengalaman. "Saya berpikir ini bagus untuk tim agar dapat bersaing di Asia. Yang pasti saat ini kami benar-benar fokus dalam persiapan menghadapi Tampines Rovers," ujar Lilipaly seperti dilansir situs resmi Bali United FC. 

Rekan Lilipaly, Melvin Platje juga mengaku siap menghadapi Tampines Rovers. "Saya sudah bekerja keras selama latihan dan juga mengatur pola istirahat. Tentu kami akan berusaha sebaik mungkin di kesempatan ini," kata Platje. 

Meski bertandang, Bali United memang relatif lebih diunggulkan daripada Tampines Rovers. Berdasarkan data aplikasi Goal Live hingga Senin (13/1) pagi,peluang Bali United memenangi laga 68%, sedangkan peluang Tampines Rovers menang hanya 17%, dan peluang seri 15%. 

Kita tunggu saja aksi Fadil Sausu, dkk., besok. Sudah punya tempat nonton bareng, sameton? (b.)

_______________________________

Teks: Jagadhita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

balisaja.com Desain Templateism.com Hak Cipta © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.