Terkini

Siswa SMK Cakra Nusantara PKL di Bandara dan Maskapai Indonesia Hingga Asia

Jurusan Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara)


Munculnya maskapai-maskapai penerbangan baru serta gencarnya pembangunan atau dikembangkannya bandara-bandara baru di berbagai daerah di Indonesia menyebabkan peningkatan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja yang bergerak dan memiliki kompetensi di bidang penerbangan, kedirgantaraan dan kebandaraan. Pembangunan bandara di kabupaten-kabupaten di pesisir selatan kurang lebih 65 bandara sepanjang tahun 2018 sehingga peluang kerja sangat tinggi.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara merupakan sekolah penerbangan yang bertujuan mendidik taruna-taruni terbaik bangsa untuk menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan kompeten dalam bidang otomatisasi dan tatakelola perkantoran (Bandara). Jurusan Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara) merupakan salah satu dari empat jurusan atau program keahlian yang disediakan di SMK Penerbangan Cakra Nusantara, tiga diantaranya ialah Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), Teknik Telekomunikasi (Penerbangan).  



Program keahlian Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara) merupakan program studi keadministrasian yang khusus ditujukan untuk bekerja di dunia penerbangan. Kegiatan tersebut meliputi Otomatisasi Perkantoran, Korespondensi, Kearsipan, Administrasi Kepegawaian, Administrasi Keuangan, Administrasi Sarana Dan Prasarana, serta Administrasi Humas dan Keprotokolan.

Sama seperti jurusan atau program keahlian lainnya, jurusan Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara) juga melaksanakan kegiatan PKL di seluruh bandara dan maskapai di Indonesia dan Asia, diantaranya Angkasa Pura Balik Papan, Angkasa Pura Medan,  Angkasa Pura Semarang, Angkasa Pura Makasar (Sultan Hasanudin), Angkasa Pura Solo, Angkasa Pura Jakarta, Angkasa Pura Surabaya,  Angkasa Pura Palembang, Angkasa Pura Lombok, Malaysia Training Center, Pilipina Cheynair Pilot School, Bandara Tunggul Ulung, Cilacap, Bandar Udara Blimbing Sari, Banyuwangi, Bandar Jember Noto Handinogoro Jember, Bandar Udara El-Tari Kupang, Bandar Udara Bintuni Papua, Gapura Angkasa, Garuda Indonesia, UBS Travel serta Ritra Cargo.

Menurut Kepala Program Studi Jurusan Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara), Kadek Santyasa, S.Pd., untuk menghasilkan SDM profesional dalam bidang tersebut, SMK Penerbangan Cakra Nusantara menerapkan kurikulum 2013, yakni 30% teori dan 70% praktik, sehingga mampu membentuk taruna-taruni yang sudah siap bekerja, bukan siap latih. Sebagian besar taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang memilih jurusan Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara) sudah direkrut di berbagai tempat, di antaranya, Bandar Udara Blimbing Sari Banyuwangi, Gapura Angkasa Bali, Garuda Indonesia dan lain sebagainya. Karena itu, peluang kerja di jurusan ini sangatlah besar. Bagi adik-adik SMP atau sederajat yang tertarik berkarir di bidang penerbangan dan kedirgantaraan dapat datang langsung ke Jalan Drupadi No. 27 Denpasar atau menghubungi nomor pendaftaran (0361) 4742600 atau kunjungi  www.smkpenerbangan.sch.id. (b./bn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

balisaja.com Desain Templateism.com Hak Cipta © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.