Terkini

Tiga Siswa Bali Masuk 25 Besar Peraih Nilai UN SMA Tertinggi Nasional

Teks: I Made Sujaya

Bali kembali mencatatkan prestasi nasional dalam ajang Ujian Nasional (UN) SMA/SMK tahun ajaran 2013/2014. Tiga siswa Bali masuk 25 siswa peraih nilai UN tertinggi.Ketiga siswa itu, dua orang di kelompok IPA dan satu orang di kelompok IPS. 





Seperti dilansir akun resmi facebook Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dua siswa Bali itu, yakni AA Istri Citra Larasati dari SMA 1 Denpasar dengan nilai UN 57,25 menempati peringkat 7 nasional dan I Kadek Dwi Putra Diatmika dari SMA 1 Denpasar dengan nilai UN 56,90 menempati peringkat 13. Seorang siswa Bali yang meraih 25 besar kelompok IPS, yakni Utami Ratnasari dari SMA 4 Denpasar dengan nilai UN 55,25 menempati peringkat 6. 

Dari sisi ketidaklulusan UN SMA, Bali juga berada di urutan 8 daerah di Indonesia dengan ketidaklulusan terendah. Persentase ketidaklulusan UN siswa SMA di Bali tercatat 0,30 dengan jumlah siswa tidak lulus sebanyak 78 orang. Secara nasional persentase ketidaklulusan tercatat 0,48. 

Dari sisi ketidaklulusan UN SMK, Bali berada di urutan 6 daerah di Indonesia dengan persentase ketidaklulusan terendah. Persentase ketidaklulusan siswa SMK di Bali dalam UN tercatat 0,04% dengan jumlah siswa tidak lulus sebanyak 10 orang. Secara nasional persentase ketidaklulusan tercatat 0,10.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, TIA Kusuma Wardani kepada wartawan, Senin (19/5) menjelaskan persentase kelulusan UN SMA/SMK di Bali mencapai 99,70%. Jika dibandingkan tahun lalu, terjadi penurunan kelulusan. Tahun lalu, jumlah siswa tidak lulus hanya 13 orang atau 99,95%. 

Dari 78 siswa tidak lulus UN SMA/SMK, terbanyak di Buleleng sebanyak 54 siswa, Karangasem 14 siswa, Bangli 6 siswa, Tabanan 2 siswa dan Klungkung serta Jembrana masing-masing seorang siswa. "Hanya tiga kabupaten yang berhasil meluluskan siswa 100%, yakni Denpasar, Badunf dan Gianyar," kata TIA Kusuma Wardani. (b.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

balisaja.com Desain Templateism.com Hak Cipta © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.