Terkini

Inilah Tujuh Portal Berita-Bali Terpopuler


Teks: I Made Sujaya

Situs media online (dalam jaringan/daring), terutama portal berita, kini semakin berkembang di Bali. Kian besarnya penggunaan gadget di kalangan masyarakat Bali memicu bertumbuhnya sejumlah portal yang berisi berita-berita terkini tentang Bali. Sejumlah media massa cetak mapan di Bali pun berlomba-lomba menggarap pasar di dunia internet ini dengan membuka layanan daring.

Respons masyarakat Bali terhadap portal-portal berita Bali itu pun cukup baik. Ini terbukti dari kunjungan terhadap portal-portal berita Bali itu mencapai 400-2.300 pengunjung per hari. Itu sebabnya, portal-portal berita Bali itu rata-rata mampu bertengger di jajaran 1.000.000 situs terpopuler di dunia dan 20.000 situs terpopuler di Indonesia berdasarkan data peringkat Alexa Rank.

Alexa Rank atau Peringkat Alexa adalah sebuah peringkat yang dibuat oleh Alexa.com untuk website atau blog berdasarkan banyaknya traffic atau kunjungan terhadap website atau blog tersebut. Data traffic atau kunjungan itu diambil berdasarkan informasi dari jutaan pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser internet mereka. Semakin kecil peringkat Alexa suatu situs, berarti semakin bagus peringkat situs itu. 

Selain Alexa Rank, ada juga Google Page Rank milik Google. Berbeda dengan Alexa, peringkat Google Page Rank ditentukan berdasarkan tautan berkualitas ke suatu situs. Semakin besar peringkat suatu situs, semakin bagus peringkat situs itu. Biasanya, situs dengan peringkat Google Page Rank tinggi akan bertengger di halaman pertama dalam pencarian (search engine) Google. Peringkat tertinggi adalah 10 dan terendah 0. 

Ranking Alexa Rank dan Google Page Rank kerap dijadikan acuan kalangan pengelola website dan blog di seluruh dunia untuk mengetahui tingkat kepopuleran sebuah situs atau blog. 

Berikut ini tujuh portal berita/media online Bali paling populer berdasarkan Alexa Rank dan GooglePage Rank hingga Selasa, 6 Mei 2014, pukul 09.00 Wita.

Balipost.com
Balipost.com merupakan situs yang dimiliki surat kabar terbesar di Bali, Bali Post. Situs ini mulai aktif di internet pada 21 Agustus 1998. Balipost.com yang sebelumnya sebatas mengunggah potongan berita yang dimuat di surat kabar edisi cetak, sejak beberapa waktu lalu dikemas menjadi portal berita dengan pembaruan berita setiap saat. Balipost.com menempati peringkat #206.369 di dunia serta #2.996 di Indonesia. Balipost.com diestimasikan Stat Show –sebuah situs pemantau website—dikunjungi sekitar 2.286 pengunjung per hari. Google Page Rank Balipost.com mencapai 5/10. 

Antara News Bali
Portal berita-Bali ini dimiliki kantor berita Antara. Kendati begitu, portal ini memiliki alamat mandiri, yakni www.antarabali.com. Portal Antara News Bali mulai aktif di internet pada 7 Februari 2008. Di dunia, Antara News Bali menempati peringkat #221.486, sedangkan di Indonesia menduduki ranking #3.072. Rata-rata pengunjung portal ini 2.155 pengunjung per hari. Sementara peringkat Google yang dimiliki situs ini termasuk cukup baik, yakni 4/10.

Suluhbali.co
Suluhbali.co merupakan situs yang dimiliki tabloid Suluh Bali. Tapi, sebagai portal berita, situs ini mulai aktid di dunia maya pada 4 Juli 2013. Itu sebabnya, di dunia portal berita, Suluhbali.co tergolong pendatang baru. Tapi, pencapaiannya tergolong istimewa. Dalam usia kurang dari setahun, Suluhbali.co mampu bertengger di peringkat #328.711 di dunia dan #6.191 di Indonesia. Kendati begitu, Stat Show mencatat jumlah pengunjung Suluhbali.co rata-rata 771 pengunjung per hari. Peringkat Google Suluhbali.co juga masih di peringkat awal, yakni 2/10.

Beritabali.com
Beritabali.com merupakan pelopor portal berita Bali. Portal berita ini aktif di dunia maya pada 17 Mei 2005. Awalnya, Beritabali.com menggunakan tagline “Terkini dari Bali”, belakangan berubah menjadi “All About Bali”. Beritabali.com menempati peringkat #382.024 di dunia dan #7.125 di Indonesia. Rata-rata pengunjung Beritabali.com, menurut Stat Show, mencapai 1.826 pengunjung per hari, jauh lebih tinggi dari angka kunjungan Suluhbali.co. Beritabali.com mendapat peringkat 3/10 di Google Page Rank.

Metrobali.com
Metrobali.com adalah situs milik tabloid berita dwimingguan Metro Bali. Situs ini mulai aktif di internet pada 2 Juni 2011. Situs yang awalnya mengusung tagline “Berita Bali Online” ini, belakangan diganti menjadi “Selangkah Lebih Awal”. Berdasarkan data Alexa.com, Metrobali.com menempati peringkat #441.385 di dunia dan #9.148 di Indonesia. Kunjungan rata-rata ke Metrobali.com diestimasikan 1.125 pengunjung per hari. Di Google Page Rank, Metrobali.com mendapat perigkat 2/10.

Berita Dewata
Berita Dewata merupakan portal berita yang mengusung tagline “Jendela Pulau Bali”. Berita Dewata aktif di dunia maya pada 14 Desember 2009. Belakangan, Berita Dewata juga terbit dalam format tabloid cetak. Alexa Rank menempatkan Berita Dewata pada peringkat #694.998 di dunia dan #12.948 di Indonesia. Estimasi pengunjung rata-rata Berita Dewata sekitar 440 pengunjung per hari. Sementara peringkat Google portal berita ini masih 1/10.

Balebengong.net
Balebengong.net merupakan portal berita jurnalisme warga. Portal ini mulai aktif pada 15 Juni 2007. Portal yang memiliki tagline "Berbagi Informasi tentang Bali" ini menempati peringkat #789.583 di dunia, sedangkan di Indonesia di peringkat #20.254. Estimasi pengunjung rata-rata portal ini mencapai 605 pengunjung per hari. Untuk peringkat Google Page Rank, Balebengong.net menempati peringkat 2/10.

Sejumlah media massa cetak di Bali juga memiliki situs daring, seperti Pos Bali, Nusa Bali, DenPost, Fajar Bali, Warta Bali, Koran Detik Bali, Bisnis Bali dan lainnya. Tapi, peringkat situs-situs itu umumnya masih di atas 1.000.000, sehingga masih kurang populer di kalangan pengguna internet di Bali. Situs Pos Bali memang menempati peringkat 898.414 dunia dan 18.221 di Indonesia, tetapi Pos Bali belum memiliki peringkat Google (0/10) sehingga tidak diikutkan dalam tulisan ini. 

Ada juga media yang baru terbit, Tribun Bali, milik Kompas. Media ini memiliki situs dengan peringkat sangat tinggi. Tapi, situs ini tidak memiliki alamat mandiri, melainkan terintegrasi dengan induknya, Tribunnews. Peringkat yang tinggi itu bukan peringkat asli Tribun Bali, melainkan peringkat Tribunnews. Kasus serupa juga terjadi pada bali.bisnis.com yang merupakan edisi regional Bisnis Indonesia (www.bisnis.com). Karena itu kurang tepat membandingkan peringkat situs ini dengan portal berita Bali lain yang menggunakan alamat mandiri.

Di Indonesia, detik.com menempati peringkat pertama portal berita terpopuler. Pelopor portal berita di Indonesia ini menempati peringkat 315 dunia dan urutan 8 di Indonesia. Situs ini diperkirakan dikunjungi sekitar 2.083.341 pengunjung. Google Page Rank detik.com tercatat cukup tinggi, 6/10. Setelah detik.com, di posisi berikutnya adalah Kompas.com. Portal milik harian Kompas ini menempati peringkat 611 dunia dan 12 di Indonesia. Pengunjung portal ini diperkirakan rata-rata sekitar 1.074.059 pengunjung per hari. Google Page Rank Kompas.com tercatat sama dengan detik.com, yakni 6/10.

Lantas, bagaimana dengan situs yang Anda baca ini? Peringkat Alexa untuk balisaja.com dapat dilihat di SINI, sedangkan peringkat Google Page Rank dapat dilihat di SINI. (b.)

1 komentar:

  1. wah ternyata banyak juga ya situs warta di bali, semoga sukses ya mas ;)

    BalasHapus

balisaja.com Desain Templateism.com Hak Cipta © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.